5 Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 06:00 WIB
Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan Foto: Getty Images/Eva-Katalin
Jakarta -

Sakit tenggorokan biasanya disertai rasa nyeri saat menelan. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan lembut termasuk saat sarapan.

Sakit tenggorokan dialami banyak orang di seluruh rentang usia. Mulai dari anak kecil hingga orang tua bisa mengalaminya dengan gejala utama tenggorokan memerah dan sakit saat menelan. Tak heran, saat sakit tenggorokan orang-orang juga tak nafsu makan.

Padahal mengasup makanan penting untuk mengatasi sakit tenggorokan. Sebab dengan mengonsumsi makanan bergizi, daya tahan tubuh meningkat dan virus penyebab sakit tenggorokan bisa dilawan.

Makanan bergizi ini penting dikonsumsi pada tiap kali seseorang makan, termasuk sarapan. Ada 5 makanan yang cocok dijadikan menu sarapan saat sakit tenggorokan. Berikut daftarnya:

1. Jahe dan madu

Menu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit TenggorokanMenu Sarapan yang Baik Dilahap Saat Sakit Tenggorokan Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Minum air jahe plus madu bisa jadi ide sarapan yang menyamankan tenggorokan dan perut. Sensasi hangat dari jahe terasa enak diimbangi legit manisnya madu.

Dua bahan ini juga berkhasiat baik untuk tenggorokan. Madu bisa efektif melawan berbagai infeksi termasuk virus penyebab sakit tenggorokan. Pastikan pilih madu alami yang dibuat tanpa tambahan bahan lain.

Sementara jahe memiliki sifat pereda sakit, antioksidan, dan antiinflamasi. Kombinasi ini menjadikan jahe ampuh meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, jahe bisa mengurangi rasa mual yang kerap dirasakan seseorang saat sakit tenggorokan.

Baca Juga: Khasiat Sehat Minum Air Rebusan Jahe Saat Perut Kosong

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]