ADVERTISEMENT

Mau Umur Panjang? Contek 5 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Ini

Odilia WS - detikFood
Sabtu, 08 Agu 2020 08:00 WIB
5 Kebiasaan Sehat Orang Jepang
Foto: iStock

4. Berhenti makan sebelum kenyang

Pada saat makan orang Jepang menganut konsep 'hara hachi bu'. Berhenti makan saat 80 persen penuh sehingga orang masih tetap merasa nyaman karena masih tersisa ruang dalam perut. Konsep ini mengacu dengan makan penuh nikmat, makan perlahan sehingga apa yang dimakan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Jika kamu ingin berlatih menyantap makanan hingga hampir kenyang dengan belajar menangkap sinyal kenyang dari tubuh. Mulai makan sedikit atau mengenali apakah benar-benar lapar atau sekedar ingin ngemil. Dengan cara ini asupan kalori menjadi terkontrol dengan baik.

Karena itu pula porsi makanan dalam menu Jepang selalu dalam jumlah sedang dan kecil. Tetapi tetap memenuhi konsep gizi seimbang. Ada karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin yang cukup untuk sekali makan.

5 Kebiasaan Sehat Orang Jepang5 Kebiasaan Sehat Orang Jepang Foto: iStock

5. Memelihara lingkaran sosial

Selain asupan makanan yang menyehatkan fisik atau badan hubungan sosial juga sangat dijaga oleh orang Jepang. Tentunya untuk membangun jiwa yang sehat. Mereka sering berinteraksi dengan komunitas untuk keperluan kegiatan bersama.

Komunitas hobi dan sekedar traveling dan makan bersama banyak dinikmati oleh orang Jepang, terutama yang tinggal di kota kecil dan pinggiran kota. Kegiatan bersama ini membuat mereka tidak kesepian, merasa dicintai dan selalu terhubung dengan manusia lain.

Acara sosial ini selalu melibatkan makan bersama yang berdampak positif. Mengisi perut atau memenuhi kebutuhan fisik sekaligus memenuhi kebutuhan sosial dan psikologis yaitu berinteraksi dengan manusia lain. Inilah yang membuat orang Jepang sehat dan panjang umur, dibandingkan bangsa lainnya di dunia.



Simak Video "Menikmati Makanan Khas Manado di Kafe Industrialis di Bintaro"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT