Puasa Tarwiyah Besok, Ini Menu Sahur agar Kuat Puasa Seharian

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 28 Jul 2020 20:00 WIB
- Menu sahur sehat untuk puasa Tarwiyah. Foto: iStock
Jakarta -

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari kedelapan bulan Dzulhijjah. Puasa ini dilakukan untuk memperingati kisah ketaatan Nabi Ibrahim As. Saat beliau bermimpi menyembelih anaknya, Nabi Ismail As. Nabi Ibrahim adalah seorang yang sangat taat kepada perintah Allah SWT. Beliau terbiasa menjalankan ibadah dengan cara memberikan bintang qurban pada musim haji.

Tentang hikmah puasa Tarwiyah, Rasulullah SAW bersabda:

"Puasa di hari Tarwiyah akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah akan mengampuni dosa dua tahun." (HR. Tirmidzi).

Bagi kamu yang berniat melaksanakan puasa Tarwiyah bisa membaca ini:

Niat puasa Tarwiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Arab-latin: Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala.
Artinya: "Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta'ala."

Selain membaca niat puasa Tarwiyah, tentunya kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat saat sahur agar bisa kuat berpuasa seharian.

Rasulullah Saw sangat menganjurkan kita untuk menyantap sahur dengan makanan sehat agar saat puasa ibadah kita lebih optimal. Rasulullah pernah berkata, "Barangsiapa yang ingin berpuasa maka hendaklah ia bersahur." (HR. Bukhari).

Berikut menu sahur sehat yang tinggi dengan kandungan gizi:

1. Kurma

juicy Dried date fruits or kurma, ramadan meal with mint leaf, flat layKurma Foto: iStock


Dikutip dalam Healthy Muslim kurma memiliki manfaat yang sangat baik dan disarankan untuk dimakan saat sahur. Selain disarankan dikonsumsi saat berbuka puasa. Kurma juga baik dinikmati saat sahur. Kurma mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan menyehatkan saluran pencernaan. Ketika berpuasa sehari penuh, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman seperti biasa, tentu kadar gula darah akan rendah sehingga konsumsi kurma sangat baik.

Kurma juga mengandung protein, zinc, selenium serta antioksidan. Konsumsi kurma saat sahur bisa dimanfaatkan sebagai cadangan energi.

2. Oatmeal

Photograph of a rustic hand made bowl filled with freshly made Porridge, topped with sprinkled Demerara sugar. Photographed on a rustic old pine rustic table.oatmeal. Foto: iStock


Oat merupakan sumber serat yang bagus untuk memperlambat pelepasan energi sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Selain serat, oatmeal juga mengandung protein dan karbohidrat kompleks. Oatmeal dapat diolah menjadi smoothies dan dicampurkan dengan susu dan pisang. Smoothies ini tentu padat gizi dan dapat jadi pilihan menu sahur praktis bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk memasak.

Oatmeal juga bisa dinikmati bersama dengan sajian gurih misalnya saja kaldu dengan suwiran daging.

3. Telur

Sarapan telurSahur telur Foto: iStock


Jika kamu hendak puasa Tarwiyah esok hari, sebaiknya pilih telur sebagai lauk sahur. Telur mengandung tinggi protein, vitamin dan beberapa nutrisi lainnya. Konsumsi telur saat sahur dapat membuat kenyang lebih lama karena tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memecah protein.

Menurut English Alarabiya, telur tidak hanya tinggi protein tetapi juga mengandung vitamin D. Telur dapat diolah menjadi omelette yang dicampurkan dengan sayuran atau dinikmati bersama dengan roti gandum atau telur orak-arik.

4. Ikan

Fakta tentang ikan salmonIkan Foto: iStock


Ikan juga bisa menjadi pilihan menu sahur sehat agar kamu kuat berpuasa seharian. Ikan mengandung protein yang bagus untuk tubuh. Sebaiknya masak ikan dengan cara dipanggang atau dijadikan sup untuk mengurangi jumlah kalori yang berlebih. Sehingga tidak hanya mendapatkan pahala tetapi juga bonus menurunkan berat badan.

5. Daging Ayam

Jumlah kalori pada daging ayamDaging ayam. Foto: iStock


Dikutip dalam NDTV, ayam menyediakan energi yang cukup agar kuat seharian berpuasa. Dada ayam bisa memberikan kamu rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan sayap atau paha ayam. Daging ayam bisa dipanggang kemudian disantap dengan salad atau lalapan.

6. Sayur dan Buah

sarapan sayur dan buahSahur sayur dan buah Foto: iStock


Sama seperti hari biasa, sayur dan buah mengandung banyak serat, vitamin dan mineral. Sayur dan buah bisa menjaga energi kamu tetap optimal. Selain itu sebaiknya pilih sayur dan buah yang tinggi air seperti semangka, melon, jeruk dan pisang. Sementara itu, pilihlah sayur seperti timun, bayam hingga sawi.

7. Air Secukupnya

air mineralair mineral Foto: iStock


Saat sahur dan bersiap untuk menjalankan puasa Tarwiyah, kamu perlu mengonsumsi air sebanyak 2-3 gelas sehari. Hal ini menunjang kebutuhan cairan yang diperlukan dalam sehari yakni 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas.

Selamat puasa Tarwiyah!



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)