5 Fakta Sarapan Telur yang Menyehatkan dan Jadi Favorit Selebriti

Riska Fitria - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 08:00 WIB
Sarapan telur Sarapan telur Foto: iStock

2. Khasiat Sarapan Telur

Sarapan telurSarapan telur Foto: iStock

Telur mengandung banyak nutrisi, tentu saja mengonsumsi telur saat sarapan dapat memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir dari Lifehacks, kandungan protein dan lemak sehat pada telur dapat meningkatkan energi.

Selain itu, sarapan dengan menu telur dapat menurunkan berat badan. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Lebih lanjut, penelitian tersebut menyebut bahwa telur bagus untuk perkembangan otak, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Khasiat telur ini juga dikaitkan dengan peningkatan retensi dan memori. Sementara itu, ada kandungan antioksidan yang disebut zeaxanthin dan leutin. Antioksidan tersebut dikaitkan untuk melindungi mata dari kerusakan dari paparan UV.

3. Berapa Banyak Makan Telur yang Baik dalam Sehari

Sarapan telurSarapan telur Foto: iStock

Sarapan dengan menu telur memang sangat menyehatkan. Namun, kamu harus memperhatikan berapa banyak jumlah telur boleh dikonsumsi dalam sehari. Anjuran tersebut tidak bisa digeneralisasikan, karena itu tergantung dengan kondisi tubuh masing-masing.

Bagi penderita kolesterol tinggi sebaiknya tidak mengonsumsi telur terlalu banyak. Paling tidak satu butir dalam sehari, seperti yang dilansir dari Harvard Health. Lebih lanjut, anjuran tersebut berguna untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, bagi penderita kolesterol lebih baik mengonsumsi bagian putih dibandingkan kuning. Sementara bagi orang yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun, boleh mengonsumsi lebih dari satu butir, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com