Ini Kondisi yang Terjadi pada Tubuh Jika Makan Cabe Terlalu Banyak

Riska Fitria - detikFood Minggu, 26 Jul 2020 06:00 WIB
Efek Kebanyakan Makan Cabe Foto: iStock
Jakarta -

Belakangan ini viral seorang foodie yang makan tahu gejrot dengan puluhan cabe. Hati-hati, makan cabe terlalu banyak berefek pada kesehatan.

Mengonsumsi makanan pedas memang dinilai dapat meningkatkan selera makan. Rasa pedas pada cabe itu disebabkan adanya kandungan capsaicin. Kandungan tersebut masih aktif meski sudah masuk ke dalam tubuh.

Jika makan cabe terlalu banyak, kandungan capsaicin itu dapat melukai beberapa organ tubuh. Mulai dari mulut hingga organ dalam seperti lambung dan usus. Tak hanya itu, makan cabe terlalu banyak juga mengakibatkan kondisi lainnya.

Dilansir dari The Health Site (02/08) berikut 5 kondisi tubuh jika makan cabe terlalu banyak.

1. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Efek Kebanyakan Makan CabeEfek Kebanyakan Makan Cabe Foto: iStock

Makan cabe terlalu banyak dapat mengakibatkan adanya gangguan pada sistem pencernaan, seperti yang dilansir dari Very Well (31/08/19). Ketika cabe menyentuh usus kamu, kandungan capsaicinnya akan mengiritasi lapisan usus.

Kondisi akan semakin buruk jika usus kamu terlalu sensitif. Makan terlalu banyak cabe akan bisa menyebabkan kamu mengalami diare. Ketika kandungan capsaicin masuk ke usus kecil, ia bergerak lebih cepat dari biasanya hingga tiba di usus besar.

Pada proses ini biasanya terjadi secara lambat. Namun, reseptor-reseptor ini akan diaktifkan lagi sebagai pertahanan dan usus besar yang mempercepat seluruh proses tersebut. Ini dapat memungkinkan usus besar menyerap air dan akhirnya menyebabkan diare.

Baca Juga : Hobi Makan Pedas, 5 YouTuber Ini Sanggup Santap Ratusan cabe!

2. Menyebabkan Nyeri Ulu Hati

Efek Kebanyakan Makan CabeEfek Kebanyakan Makan Cabe Foto: iStock

Rasa pada dari makan cabe terlalu banyak dapat menyebabkan nyeri ulu hati. Kondisi tersebut dapat berkelanjutan dengan kondisi kesehatan lainnya, seperti menyebabkan rasa mulas dan sakit perut yang parah. Itu karena ada kandungan capsaicin yang masih aktif dalam cabe.

Nah, kandungan itulah yang menimbulkan iritasi pada lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Jadi, jika kamu merasakan asam lambung naik, sebaiknya saat itu juga kamu mengurangi mengonsumsi makanan pedas, atau bahkan tidak sama sekali. Untuk menghilangkan rasa pedas, kamu bisa mengonsumsi yogurt.

Selanjutnya
Halaman
1 2