Nasi Goreng Mantul

Nasi Goreng Bikin Gendut? Ini 5 Fakta Nutrisinya

Riska Fitria - detikFood Minggu, 19 Jul 2020 07:00 WIB
Fakta kesehatan nasi goreng Fakta kesehatan nasi goreng Foto: iStock
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul

2. Tidak Boleh Makan Campur Timun

Resep nasi goreng Indonesia yang dibagikan YouTuber luar negeriNasi goreng timun Foto: YouTube

Umumnya dalam penyajian nasi goreng selalu diberikan irisan timun, baik nasi goreng gerobakan hingga nasi goreng di restoran. Selain memperindah penyajian, tambahan timun jika dimaksudkan sebagai lalapan.

Namun, tahukah kamu bahwa makan nasi goreng campur timun tidak disarankan, karena bisa berbahaya untuk kondisi tubuh. Bahkan bisa menyebabkan penyakit kanker. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian di University of the Basque Country.

Dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa sisa minyak pada nasi goreng jika bercampur dengan air dan getah timun akan menyebabkan munculnya zat aldehida yang sangat beracun. Akibatnya bisa menyebabkan radang tenggorokan hingga kanker kelenjar tiroid, lapor Science Daily.

3. Harus Cepat Dihabiskan

Fakta kesehatan nasi gorengFakta kesehatan nasi goreng Foto: iStock

Ada kebiasaan lainnya yang membuat nasi goreng dapat mengganggu kesehatan tubuh. Kebiasaan itu adalah makan nasi goreng yang dipanaskan lebih dari dua kali. Memang biasanya nasi goreng disajikan dalam porsi yang banyak. Hal tersebut membuat banyak orang tidak bisa menghabiskan saat itu juga.

Alhasil banyak yang memilih untuk disimpan dan dipanaskan kembali agar bisa dikonsumsi lagi. Cara tersebut sangat berbahaya, karena nasi goreng yang dimasak dalam suhu tinggi bisa menimbulkan adanya zat akrimalid.

Jika nasi goreng disimpan terlalu lama, zat berbahaya tersebut akan mengendap dan menjadi sulit diproses dalam tubuh. Selain itu, jika tubuh terlalu banyak mengasup zat akrimalid efeknya dapat menyebabkan kanker hati.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul