Ini 5 Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Jika Rutin Sarapan

Riska Fitria - detikFood Rabu, 08 Jul 2020 08:00 WIB
Manfaat sarapan Manfaat sarapan Foto: iStock
Jakarta -

Ahli gizi menyebut bahwa sarapan adalah waktu makan terbaik dalam sehari. Ini beberapa kondisi yang terjadi pada tubuh jika kamu rutin sarapan setiap hari.

Setelah bangun tidur, tubuh membutuhkan energi untuk melakukan rentetan kegiatan dalam sehari penuh. Energi tersebut bisa kamu dapatkan dengan melakukan sarapan. Saat sarapan pun, pilihlah makanan bernutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh.

Satu-satunya alasan mengapa sarapan di pagi hari itu sangat penting adalah untuk menjaga tubuh tetap sehat secara keseluruhan. Seorang ahli gizi Giovinazzo membeberkan beberapa kondisi tubuh jika kamu rutin melakukan sarapan.

Kondisi tersebut berkaitan dengan cara kerja otak, mengurangi risiko penyakit, menurunkan berat badan, hingga menghindari untuk mengonsumsi makanan yang tak sehat.

Dilansir dari Prevention (10/09/19) berikut 5 kondisi yang terjadi pada tubuh jika rutin sarapan.


1. Menyegarkan Otak

Manfaat sarapanManfaat sarapan Foto: iStock

Jika kamu rutin melakukan sarapan, kamu akan mendapat banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah menyegarkan otak, sehingga kerja otak lebih fokus ketika kamu melakukan banyak aktivitas. Baik aktivitas di tempat kerja maupun di tempat sekolah.

Manfaat sarapan ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian. Dalam beberapa penelitian itu menyebut bahwa makan sarapan dapat berperan untuk meningkatkan fungsi kognitif seperti daya ingat dan konsentrasi.

Salah satu penelitian yang diterbitkan di Jurnal Physiology and Behavior, menemukan anak-anak berusia 9 hingga 11 tahun yang rutin sarapan memiliki daya ingat yang kuat dibandingkan mereka yang tidak. Banyak ahli gizi yang menganjurkan anak-anak untuk melakukan sarapan sebelum pergi ke sekolah.

Pada anak, sarapan sebelum sekolah bisa juga meningkatkan prestasi. Begitu pula bagi pekerja yang sarapan sebelum melakukan aktivitas dapat meningkatkan konsentrasi dan kekreatifan ketika bekerja.

Baca Juga : Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Kenapa Sarapan Sangat Penting

Selanjutnya
Halaman
1 2 3