5 Air Rebusan Sayur dan Tanaman Herbal yang Menyehatkan Tubuh

Riska Fitria - detikFood Selasa, 07 Jul 2020 17:00 WIB
Khasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbal Khasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbal Foto: iStock

4. Air Rebusan Daun Jambu Biji

Khasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbalKhasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbal Foto: iStock

Tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsinya, daun jambu biji pun juga bisa. Namun, bukan dimakan langsung, melainkan air rebusannya. Dilansir dari The Indian Express, daun jambu biji biasa diseduh untuk dijadikan teh oleh orang-orang di Meksiko dan
beberapa wilayah bagian Amerika Serikat.

Ada banyak khasiat kesehatan yang diberikan dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun jambu biji. Daun jambu biji mengandung vitamin C dan zat besi, sehingga dapat berperan untuk mencegah sakit pernapasan. Selain itu, air rebusan daun biji juga bisa dijadikan perawatan kulit dan rambut.

Dengan mengonsumsi air rebusan daun jambu bisa menghilangkan bekas jerawat pada wajah juga mengencangkan kulit. Sementara khasiatnya pada rambut, dapat mengatasi masalah kerontokan. Itu karena daun jambu biji juga dilengkapi dengan antioksidan.

5. Air Rebusan Daun Singkong

Khasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbalKhasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbal Foto: iStock

Daun singkong memang lezat ketika direbus. Namun, air bekas rebusannya jangan dibuang. Air rebusan daun singkong juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Daun singkong mengandung flavonoid jenis isoflavon. Kandungan tersebut ampuh mengobati stroke hingga menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, terdapat juga kandungan berupa vitamin A, B1, mineral, serat, karbohidrat, protein dan asam amino. Dengan mengonsumsi air rebusan daun singkong, sistem kekebalan tubuh kau akan meningkat. Rendahnya kalori juga dapat membantu kamu saat menurunkan berat badan.

Kandungan karbohidrat dan proteinnya dapat berperan untuk meningkatkan energi. Ketika kamu minum air rebusan daun singkong di pagi hari, maka tubuh kamu tidak akan merasakan lemas saat menjalani aktivitas selama seharian penuh.

Baca Juga : 2 Resep Gulai Daun Singkong Khas Sumatra yang Sedap

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(raf/odi)
DMentor
×
Bisnis Untuk Si Introvert
Bisnis Untuk Si Introvert Selengkapnya