5 Air Rebusan Sayur dan Tanaman Herbal yang Menyehatkan Tubuh

Riska Fitria - detikFood Selasa, 07 Jul 2020 17:00 WIB
Khasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbal Khasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbal Foto: iStock

2. Air Rebusan Daun Kelor

Khasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbalKhasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbal Foto: iStock

Di Indonesia daun kelor sering dikenal sebagai daun yang memiliki manfaat magis. Entah benar atau tidak, tetapi daun kelor merupakan jenis tanaman yang kaya akan khasiatnya. Khasiatnya bisa didapatkan dengan mengonsumsi air rebusan daun kelor.

Kandungan yang ditemukan pada daun kelor ada mulai dari dari Vitamin A, C, B1, B2, B3 dan mineral penting. Selain itu, daun berdaun majemuk ini memiliki kandungan potasium yang tiga kali lebih besar daripada pisang. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pernah mencanangkan penanaman pohon kelor di wilayah Afrika.

Untuk mendapat khasiat kesehatan dari daun kelor, kamu dapat mengolahnya menjadi air rebusan. Mengonsumsi air rebusan daun kelor dapat mengobati kanker, menyehatkan mata, menurunkan kadar gula dalam tubuh, bagus untuk ibu menyusui hingga menurunkan kolesterol.

3. Air Rebusan Daun Pandan

Khasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbalKhasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbal Foto: iStock

Daun Pandan biasanya digunakan sebagai campuran makanan untuk membuat aromanya wangi. Di samping itu daun pandan juga menyimpan segudang nutrisi. Daun pandan memiliki kandungan senyawa penting seperti alkaloid. Nah, kandungan tersebut dapat menenangkan tubuh hingga mengatasi insomnia.

Sementara itu, menurut sebuah penelitian, ekstrak daun pandan mengandung sitoktoksik, antriproliferatif, apoptosis. Kandungan tersebut bagus untuk terapi bagi pengidap kanker. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, kamu bisa minum air rebusan daun pandan.

Siapkan 10 lembar daun pandan dan potong-potong berukuran kecil. Setelah itu rebus hingga mendidih dan sajikan dalam gelas. Nah, kalau kamu ingin menambahkan rasa, kamu bisa mencampurkan air rebusan daun pandan dengan madu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
DMentor
×
Bisnis Untuk Si Introvert
Bisnis Untuk Si Introvert Selengkapnya