5 Air Rebusan Sayur dan Tanaman Herbal yang Menyehatkan Tubuh

Riska Fitria - detikFood Selasa, 07 Jul 2020 17:00 WIB
Khasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbal Khasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbal Foto: iStock
Jakarta -

Mengonsumsi air rebusan sayur dan tanaman herbal dapat memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari daun seledri hingga daun jambu biji.

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dengan mengasup makanan dan minuman yang bernutrisi. Tak perlu mahal, air rebusan dari sayur dan tanaman herbal juga dapat dimanfaatkan untuk mendapat khasiat kesehatan tubuh.

Ada banyak jenis sayuran dan tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan. Seperti daun seledri, daun kelor, daun singkong, daun pandan, daun jambu biji dan masih banyak lagi. Cara mengolahnya juga mudah. Kamu cukup merebus daun-daun tersebut hingga mendidih.

Setelah itu sajikan dan dikonsumsi selagi hangat-hangat. Mengonsumsi air rebusan ini bisa jadi nutrisi di pagi hari. Meski terkesan sederhana, tetapi khasiat yang diberikan sangat luar biasa.

Berikut 5 air rebusan sayur dan tanaman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

1. Air Rebusan Seledri

Khasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbalKhasiat air rebusan sayuran dan tanaman herbal Foto: iStock

Seledri merupakan jenis sayuran yang biasa dijadikan pelengkap dalam masakan. Bagian seledri yang dapat dikonsumsi adalah mulai dari daun hingga batangnya. Tak hanya itu, air rebusan seledri juga dapat dikonsumsi karena dapat memberikan khasiat kesehatan untuk tubuh.

Dilansir dari Cleveland Clinic, seledri mengandung phytochemical yang disebut phthalates. Phthalates merupakan ekstrak yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut berperan aktif untuk meregangkan jaringan pada dinding arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah.

Selain itu, seledri juga dilengkapi dengan kandungan magnesium, potasium, serat dan antioksidan yang disebut flavonoid. Dari nutrisi tersebut air rebusan daun seledri dapat memberikan khasiat seperti mencegah penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga mencegah penyakit aterosklerosis.

Nah, mudah untuk membuat air rebusan seledri. Daun seledri lebih dulu dipotong-potong kecil. Kemudian rebus hingga matang. Setelah itu, saring airnya dan dinginnya dulu baru dapat diminum.

Baca Juga : Khasiat Sehat Minum Air Rebusan Jahe Saat Perut Kosong

Selanjutnya
Halaman
1 2 3