4 Menu Sarapan Enak Ini Ampuh Bangkitkan Gairah Seks

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 03 Jul 2020 06:00 WIB
Gairah seks Foto: iStock
Jakarta -

Menu sarapan ini tak hanya enak, tapi juga berkhasiat tingkatkan gairah seks. Mulai dari telur sampai jamur, intip daftar lengkapnya!

Ada banyak faktor yang mempengaruhi gairah seks seseorang, misalnya kualitas hubungan dengan pasangan, tingkat stress, hingga rasa lelah. Pola makanpun berkontribusi pada tingkat gairah seks seseorang, apakah bersemangat atau sebaliknya.

Menurut ahli gizi, gairah seks bisa didorong dengan konsumsi menu sarapan yang tepat. Pastikan menu sarapan tinggi kandungan vitamin D. Sebab penelitian membuktikan kekurangan vitamin D bisa menyebabkan penurunan estrogen pada wanita dan testosteron pada pria.

Di Inggris setidaknya 1 dari 5 orang dewasa tidak memiliki asupan vitamin D yang cukup. Karenanya ahli gizi di London, Rob Hobson merekomendasikan pilih menu sarapan tinggi vitamin D untuk mengakalinya.

Dikutip dari Daily Mail (2/7), ia berujar, "Sangat sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Sumber utamanya adalah ikan berminyak dan sedikit bisa ditemui secara alami pada telur dan jamur," katanya.

Sumber lain berupa sereal sarapan atau olesan margarin yang memang difortifikasi dengan vitamin D. Berikut daftar menu sarapan enak tinggi vitamin D yang bisa bangkitkan gairah seks:

1. Ikan makarel

Fresh mackerel fish (Scomber scrombrus) on iceFresh mackerel fish (Scomber scrombrus) on ice Foto: Istock

Makarel termasuk jenis ikan berminyak yang menjadi sumber vitamin D terbaik. Ikan makarel juga mencakup kelompok ikan tenggiri dan kembung. Selain itu ada salmon yang bisa jadi pilihan.

Ikan makarel bisa mengandung 360IU vitamin D per porsi, sementara salmon 685IU. Kedua ikan ini enak dipanggang dengan tambahan bumbu minimalis seperti garam dan merica. Supaya makin kaya nutrisi, lengkapi dengan olahan sayuran sebagai menu sarapan.

2. Sereal dengan vitamin D

alasan sereal disiram susualasan sereal disiram susu Foto: iStock

Ada banyak merek sereal di pasaran, tapi bagi kamu yang mau fokus meningkatkan gairah seks, pilihlah yang telah difortifikasi vitamin D. Biasanya keterangan ini akan dicantumkan di bagian depan kemasan sehingga mudah dikenali.

Semangkuk sereal ini paling enak dinikmati dengan minuman susu sapi atau susu kedelai. Kalau tak suka, jus jeruk pun jadi pendamping yang tepat.

Baca Juga: Gairah Seks Turun? Saatnya Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Enak Ini

3. Telur

Rekor Dunia Menyusun TelurRekor Dunia Menyusun Telur Foto: Instagram @guinnessworldrecords

Banyak orang mengandalkan telur sebagai menu sarapan enak dan praktis. Telur tinggi kandungan vitamin D sehingga punya manfaat tambahan, tingkatkan gairah seks. Biasanya per butir telur, kuningnya mengandung 18 sampai 39IU vitamin D.

Jika ada pilihan telur 'free range', pilihlah telur itu. Sebab telur free range bersumber dari ayam yang diternakkan bebas di dalam. Ayam-ayam ini terpapar lebih banyak sinar matahari dan memang dipasarkan tinggi vitamin D untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin D harian.

4. Jamur

Cara budi daya jamur enokiCara budi daya jamur enoki Foto: iStock

Di luar makanan yang difortifikasi, jamur jadi satu-satunya bahan nabati yang mengandung vitamin D. Tapi jenis vitamin D yang terkandung adalah D2, berbeda dengan bahan hewani yang mengandung vitamin D3.

Meski vitamin D2 dikatakan bisa meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh, penelitian menunjukkan sifatnya tak seefektif vitamin D3. Tapi tetap saja tak ada salahnya mengonsumsi jamur sebagai menu sarapan. Apalagi teksturnya kenyal dengan rasa umami alami yang enak. Jamur bisa ditumis bersama telur atau sayuran lainnya.

Baca Juga: Penggemar Makanan Pedas Terbukti Punya Gairah Seks Lebih Tinggi



Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)