Apa Benar Teh Hijau Bisa Turunkan Risiko Kanker hingga Stroke?

Yudistira Imandiar - detikFood Rabu, 01 Jul 2020 19:12 WIB
Ilustrasi Teh Hijau Foto: shutterstock
Jakarta -

Olahan teh hijau dapat disajikan sebagai minuman yang nikmat dan menenangkan, selain kopi. Ternyata, teh menyimpan sejumlah khasiat yang baik untuk tubuh.

Melansir today.com, dalam sebuah studi yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardilology, dijabarkan bahwa meminum teh hijau secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada orang dewasa. Adapun jenis teh hijau memiliki khasiat lebih baik ketimbang teh hitam.

Dalam studi tersebut dipaparkan teh hijau dapat menurunkan tekanan darah, sehingga mampu menekan risiko timbulnya penyakit terkait kardiovaskular, seperti stroke.

Di samping itu, teh hijau juga mengandung senyawa flavonoid, suatu zat bioaktif yang dapat menjadi antioksidan, mengobati peradangan, dan lainnya. Mengutip berbagai sumber lainnya, teh hijau juga dikaitkan dengan kemampuan mereduksi risiko penyakit kanker dan menurunkan berat badan.

Kandungan kafein pada teh tercatat lebih rendah ketimbang kopi. Oleh sebab itu, peminum teh bisa memperoleh manfaat kafein, seperti meningkatkan kewaspadaan, mencegah stres, hingga menurunkan berat badan tanpa khawatir menerima efek samping semisal peningkatan detak jantung, iritasi lambung, dan lainnya.

Namun, konsumsi harian teh juga harus dibatasi, sebab kandungan kafein pada teh dapat mengganggu pola tidur jika dikonsumsi terlalu banyak. Di samping itu, teh hijau juga mengandung tanin, sebuah senyawa yang mengurangi penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga akan berdampak kurang baik jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak.

Untuk mendapatkan manfaat dari teh hijau, kamu dapat mengonsumsinya secara rutin setiap pagi atau sore hari. Supaya lebih praktis, kamu dapat memperoleh stok teh hijau dengan membelinya lewat Grab Groceries. Caranya, cukup buka aplikasi Grab, pilih menu Groceries, pilih supermarket, lalu masukkan item yang ingin dibeli. Bayar belanjaan dan pesanan kamu akan diantar langsung ke lokasi oleh mitra driver Grab dengan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.



Simak Video "Bikin Laper: Gurame Asam Manis dan Ayam Cabe Ijo"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)