5 Fakta Jamur Enoki yang Disebut Sebabkan Listeria

Puti Yasmin - detikFood Kamis, 25 Jun 2020 11:30 WIB
enoki Foto: Getty Image/Jamur Enoki
Jakarta -

Jamur enoki tengah ramai dibicarakan karena disebut-sebut menyebabkan infeksi listeria pada manusia. Bahkan, Kementerian Pertanian memutuskan untuk memusnakan jamur tersebut.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi. Ia mengungkapkan pemusnahan tersebut diambil sebagai langkah pencegahan.

"Ya. Tunggu info lengkapnya sedang kami siapkan. Ini sebenarnya pencegahan, peringatan dari badan dunia FAO ada kejadian luar biasa pada Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia akibat mengonsumsi jamur enoki asal Korea Selatan akibat tercemar bakteri Listeria monocytogenes," jelas dia kepada detikcom, Kamis (25/6/2020).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan infeksi pada jamur enoki pada dasarnya bisa mati setelah dimasak di panas 75 derajat. Sehingga tidak ada perlu kekhawatiran pada masyarakat.

"Itu sebenarnya dimasak di panas 75 derajat mati. Jadi nggak usah khawatir. Ini semua pencegahan, dan sampai dengan hari ini di Indonesia belum ditemukan adanya kasus KLB karena kontaminasi bakteri dari jamur enoki. Hal-hal yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian merupakan langkah pencegahan," papar dia.

Berikut fakta-fakta jamur enoki dikutip dari Health Benefits Times:

1. Tanaman Asal China, Jepang, dan Korea

enokiJamur Enoki Foto: istimewa

Jamur enoki merupakan tanaman asli China, Jepang dan Korea. Bahkan, orang China menyebut tanaman ini dengan nama 'Jingu' dan Korea menamainya 'Paengi Beoseot'.

2. Nilai Gizi

Jamur ini memiliki banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan bentuk yang panjang, tanaman ini memiliki kalori mencapai 24 Kcal per cup dan bila mengonsumsi sebanyak 65 gram bisa mendapatkan 4.571 mg vitamin B3.

Selain itu, ada kandungan vitamin B5, B1, B2, Fosfor, Besi, Tembaga. Ada juga asam amino, hingga isoleucine dan leucine yang bagus untuk tubuh.

3. Jadi Obat Tradisional

Kandungan asam amino, lisin, ergothioneine bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh orang yang mengonsumsinya. Jamur enoki diketahui telah menjadi salah satu resep pengobatan tradisional Tiongkok dan Jepang untuk penyakit hati, kolestrol, hingga tekanan darah tinggi.

deep fried golden brown crispy Japanese enokitake needle shape mushroom with lime on black backgroundJamur Enoki Goreng Foto: Getty Images/iStockphoto/Chayut Kataweteebup

4. Menurukan Lemak Tubuh

Selain memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, mengonsumsi jamur enoki bisa membantu menurunkan lemak dalam tubuh. Pasalnya, jamur tersebut memiliki asam linoleat yang bisa mengurangi lamak dalam usus dan bisa mengaktifkan pembakaran lemak.

5. Mencegah Sembelit


Fakta terakhir dari jamur enoki yang biasanya menjadi campuran sup ini adalah bisa mencegah sembelit. Pasalnya, cukup dengan 12 gram serat dari jamur sama dengan 30-50% serat yang dibutuhkan tubuh manusia per hari.



Simak Video "Jamur Pelawan, Jamur Mahal yang Diolah Jadi Kuliner Khas Bangka"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)