Kaya Antioksidan, Ini 5 Khasiat Jahe yang Menyehatkan

Riska Fitria - detikFood Rabu, 24 Jun 2020 08:00 WIB
Khasiat jahe untuk tubuh khasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

4. Mengobati Gangguan Pencernaan

Khasiat jahe untuk tubuhKhasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

Jahe disebut ampuh untuk mengobati gangguan pencernaan bahkan pada tahap kronis sekalipun. Dilansir dari Healthline, itu karena jahe dikemas dengan senyawa yang disebut fenolat.

Senyawa fenolat diyakini dapat meredakan saluran pencernaan dan mengurangi kontraksi pada lambung. Khasiat ini terbukti oleh sebuah studi yang melakukan penelitian terhadap 24 orang sehat.

Dalam penelitian tersebut, mereka diminta untuk mengonsumsi 1,2 gram bubuk jahe sebelum makan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan pengosongan perut sebesar 50%.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Khasiat jahe untuk tubuhKhasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

Senyawa pada jahe juga dapat mengurangi kadar gula darah. Maka tak heran jahe dapat berperan untuk mengurangi risiko diabetes. Dilansir dari Times of India jahe dapat meningkatkan produk insulin di dalam tubuh.

Insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh pankreas. Ketika kita makan, pankreas melepas insulin yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa menjadi energi dan disebarkan ke seluruh tubuh.

Nah, insulin itulah yang akan berperan untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dalam perannya insulin akan mengendalikan kadar gula darah lebih tinggi dari batas normal.

Baca Juga : Khasiat Sehat Minum Air Rebusan Jahe Saat Perut Kosong

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com