Kaya Antioksidan, Ini 5 Khasiat Jahe yang Menyehatkan

Riska Fitria - detikFood Rabu, 24 Jun 2020 08:00 WIB
Khasiat jahe untuk tubuh khasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

2. Mengurangi Rasa Sakit Nyeri Otot

Khasiat jahe untuk tubuhKhasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

Sifat antiinflamasi yang ada pada jahe tidak hanya dapat meningkatkan fungsi otak, tetapi juga bisa mengurangi rasa sakit pada nyeri otot. Khasiat jahe ini juga telah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Pain tersebut menunjukkan bahwa jahe membantu dalam mengobati osteoartitis lutut. Selain itu juga mengurangi rasa sakit sendi akibat rheumatoid arthritis.

Bahkan peneliti menyebut bahwa jahe lebih unggul dari obat antiinflamasi non steroid (NSAID) seperti tylenol atau advil, itu karena NSAID hanya bekerja pada satu tingkat, yaitu menghalangi pembentukan senyawa peradangan.

3. Mengobati Mual

Khasiat jahe untuk tubuhKhasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

Jahe juga berperan mengobati rasa mual. Karenanya jahe telah lama digunakan sebagai obat menghilangkan rasa mual saat di laut selama bertahun-tahun lalu. Jahe juga efektif dalam mengobati mual di pagi hari.

Khasiat jahe ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam ulasan 12 studi yang memantau 1.278 wanita hamil, mengonsumsi jahe terbukti secara signifikan mengurangi rasa mual mereka.

Selain itu, ada juga penelitian yang menemukan khasiat jahe yang dapat mencegah muntah-muntah pasca operasi dan pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com