Diet Telur Rebus Bisa Bikin Berat Badan Cepat Turun?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 23 Jun 2020 08:00 WIB
Diet telur rebus Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital
Jakarta -

Diet telur rebus disebut bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Caranya dengan mengonsumsi banyak porsi telur rebus setiap harinya. Benarkah diet telur rebus efektif?

Telur rebus jadi menu diet andalan banyak orang. Olahan telur yang sangat mudah dibuat ini umumnya dijadikan menu sarapan. Selain enak, telur rebus mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh.

Salah satunya tinggi protein yang bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Telur rebus juga rendah kalori karena per butirnya diperkirakan hanya mengandung sekitar 78 kkal.

Yang juga penting, telur rebus bisa mendorong metabolisme karena kandungan asam amino di dalamnya. Banyak orang akhirnya mengandalkan telur rebus, tak hanya saat sarapan tapi juga untuk asupan makanan sehari-hari.

Kemudian muncul pola diet populer yang disebut bisa menurunkan berat badang dengan cepat. Diet telur rebus ini mengharuskan pelakunya makan beberapa telur rebus setiap hari.

Tapi benarkah pola diet ini efektif? Healthline (22/6) merangkum fakta-fakta seputar diet telur rebus seperti berikut:

1. Apa itu diet telur rebus?

Diet telur rebusDiet telur rebus Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Diet telur rebus atau The Boiled Egg Diet adalah pola makan berdasarkan buku yang dipublikasikan Arielle Chandler pada tahun 2018. Ada beberapa variasi diet ini, tapi yang populer adalah makan telur atau jenis protein rendah lemak lain setiap waktu makan.

Diet rendah karbohidrat dan kalori ini juga menekankan pentingnya konsumsi sayuran nonpati dan satu hingga dua porsi buah rendah karbohidrat setiap hari. Menurut kreatornya, diet telur rebus bisa turunkan berat sampai 11 kg dalam dua minggu.

Manfaat lain yang diklaim adalah meningkatkan kontrol gula darah, mempertajam daya lihat, menguatkan tulang, rambut, dan kuku. Di dalam buku diet telur rebus juga tertuang makanan apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari.

Baca Juga: 7 Manfaat Sehat Ini Kamu Dapatkan Jika Sarapan Telur Rebus

Selanjutnya
Halaman
1 2 3