Saat Sedang Sakit, Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Perkuat Imunitas

Odilia WS - detikFood Selasa, 16 Jun 2020 07:00 WIB
makanan saat sakit Foto: iStock


5. Jeruk

Aroma segar dan rasa asam manis menjadi ciri khas buah jeruk. Buah ini juga dikenal kaya akan vitamin C yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Sementara kandungan airnya menghidrasi tubuh agar tak kekurangan cairan selama sakit.

Jika tak ada jeruk bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang punya efek anti-histamine yang dapat membantu mengatasi flu. Tetapi hasilnya akan lebih maksimal jika dikonsumsi sebelum jatuh sakit.

Konsumsi jeruk sebaiknya dalam keadaan segar. Bisa berupa buah potong, jus jeruk murni tanpa tambahan gula ataupun air dan pemanis. Sebaiknya jus jeruk langsung diminum setelah diperas agar mendapatkan manfaat maksimal vitamin C nya.

tips memilih jeruk mandarinMakanan saat sakit. Foto: iStock



6. Jahe

Sudah sejak lama rempah berbentuk rimpang ini jadi andalan untuk menjaga kesehatan. Jahe dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh ang kuat yang membantu tubuh memerangi virus berbahaya.

Bahkan rempah yang pedas ini bisa mematikan bakteri dan patogen. Jika menderita mual jahe bisa menjadi obat efektif yang alami. sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan pasien yang menjalani kemoterapi.

Jahe bisa diolah menjadi wedang jahe atau teh jahe. Bisa ditambahkan dalam teh, kopi atau susu. Jika tak ada jahe segar bisa dipakai jahe kering atau jahe bubuk.

7. Kerang-kerangan

Jika kamu tak punya alergi seafood, maka jenis kerang-kerangan merupakan makanan terbaik untuk dikonsumsi selama sakit. Karena hasil laut ini kaya akan zinc untuk memproduksi sel darah putih ( T-lymphocytes) yang diperlukan saat tubuh sakit.

Hampir tak ada jenis makanan lain yang punya kandungan mineral beragam seperti kerang-kerangan ini. Seperti tiram, kerang hijau, kerang darah dan lainnya. Jika alergi dengan seafood, minumlah suplemen yang mengandung zinc.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Makanan Kaya Nutrisi Hasil Olahan Superfood"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com