Saat Sedang Sakit, Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Perkuat Imunitas

Odilia WS - detikFood Selasa, 16 Jun 2020 07:00 WIB
makanan saat sakit Foto: iStock


2. Madu

Madu dikenal sebagai salah satu superfood. Madu bagus untuk membangun imunitas. Bisa dikonsumsi bersama teh hangat. Selain teh jadi lebih enak rasanya, madu juga mengandung antivirus dan antibakteri yang dapat menyembuhkan sakit lebih cepat.

Ulasan pada Pharmacognosy Research bulan April- Juni 2017 disebutkan bahwa madu mengandung antimikroba juga antioksidan dan antiperadangan. Madu bisa meredakan batuk. Cukup konsumsi madu setengah sendok teh sebelum tidur untuk menekan refleks batuk pad anak berusia 1 tahun.

Untuk orang dewasa bisa mengonsumsi 1 sdm madu agar sakit tenggorokan mereda. Sebaiknya jangan terlalu banyak konsumsi madu karena tinggi kalori. Belilan madu murni asli yang bagus kualitasnya.

inside beehiveMakanan saat sakit.Foto: istock



3. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini dikenal dengan aromanya yang tajam dan membuat makanan menjadi lebih lezat. Selain itu bawang putih dikenal akan kemampuannya memperkuat daya tahan tubuh.

Bawang putih dikenal memiliki zat antibakteri yang mampu melindungi tubuh dari bakteri patogen yang berbahaya dan menyebabkan infeksi pada tubuh.

Jika kamu tidak suka dengan aroma tajam bawang putih mentah, bisa diganti dengan ekstrak bawang putih atau bawang putih bubuk. Bawang putih sangat baik dikonsumsi saat flu atau saat tubuh kurang fit.

4. Jamur

Beragam jenis jamur mudah didapatkan. Sejak lama jamur digemari karena rasanya gurih umami dengan tekstur juicy. Jamur shitake, jamur kancing, jamur merang dan jamur tiram merupakan jenis jamur populer.

Jamur khususnya jamur shirataki mengandung beragam vitamin, mineral dan enzim yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Sementara menurut riset jamur bisa memperkuat daya tahan tubuh secara alami melawan beragam infeksi.

Dalam riset yang dipublikasikan bulan April 2015 di Journal of American Collage of Nutrition ditemukan bahwa jamur shitake (salah satu jenis jamur Jepang) bisa memperkuat imunitas. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya produksi antibodi dan proliferasi sel.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makanan Kaya Nutrisi Hasil Olahan Superfood"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com