Ini Alasan Mengapa Orang China Suka Minum Air Panas

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 24 Mei 2020 06:00 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Di China, air panas merupakan minuman wajib yang tersedia di mana-mana. Sejak dulu orang China punya alasan tersendiri mengapa mereka mengonsumsi air panas.

Sejak awal abad ke-20, sudah banyak kampanye yang mendorong orang-orang untuk mengonsumsi air hangat. Pada tahun 1930, ketika pemerintahan Nasionalis menguasai China.

Pemerintah mengeluarkan kampanye yang disebut 'Kehidupan Baru' di mana salah satunya mendorong orang untuk meminum air hangat, karena air ini dianggap lebih bersih.

Baca Juga: Bertema Pemandian Air Panas, Di Kafe Ini Bisa Makan Bersama Kucing

Bahkan setelah Nasionalis kehilangan kekuasaan mereka ke pihak Komunis, tapi untuk masalah air panas tidak ada yang berubah. Dilansir dari SCMP (22/05), pada tahun 1952 pihak pemerintah partai Komunis meluncurkan kampanye kesehatan yang juga mendorong konsumsi air hangat.

-- Foto: Istimewa

Hal ini lah yang membentuk kebiasaan orang-orang China turun temurun.

"Di China tidak semua perusahaan memiliki tempat rehat, tapi pasti mereka memiliki tempat untuk meletakkan dispenser air. Tentu saja dispenser ini penuh dengan air panas," jelas Zhang Guowei selaku profesor di Henan University yang mempelajari sejarah dan budaya China.

Salah satu alasan mengapa orang China sangat suka meminum air panas, karena air panas efektif membuat tubuh mereka tetap hangat. Popularitas air panas juga meningkat karena dulu belum ada mesin penghangat, sehingga satu-satunya jalan untuk membuat tubuh hangat adalah dengan meminum air panas.

-- Foto: Istimewa

Air panas juga dipercaya dapat membunuh bakteri dalam tubuh. Sama seperti peradaban manusia purba di seluruh dunia, beberapa desa di masa China kuno membangun rumah-rumah mereka dekat dengan sungai untuk akses air yang lebih mudah.

Namun air yang mengalir dari sungai ini mengandung banyak bakteri yang bisa membuat orang jatuh sakit. Sehingga orang-orang China mulai merebus air mereka sebagai cara termudah membunuh bakteri berbahaya.

Alasan utama mengapa air panas ini sangat populer di China, karena praktik meminum air panas ini sudah ada sejak dulu dan masuk ke dalam pengobatan tradisional China.

Menurut catatan sejarah yang ada di Huangdi Neijing, air panas mulai digunakan sebagai obat sekitar 2,000 tahun yang lalu.

-- Foto: Istimewa

"Tulisan itu menjelaskan tentang bagaimana meminum air dingin dapat menghalangi organ tubuh berfungsi dengan baik. Itu alasan mengapa air panas ini sangat penting bagi orang China," jelas Cinci Leung selaku ahli pengobatan China tradisional di Hong Kong.

"Pengobatan tradisional China menyeimbangkan antara yin dan 'yang'. Yaitu energi digin dan panas. Minum air hangat dapat membawa 'yang' ke dalam tubuh sebagai sumber energi. Selain itu 'yang' juga memastikan bahwa semua organ tubuh berfungsi dengan baik,"pungkas Cinci.

Baca Juga: Saat Bangun Tidur Minumlah Air Hangat dan Rasakan 9 Khasiat Sehatnya



Simak Video "Jahe Pletok, Minuman Berkhasiat di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)