Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi 7 Buah Enak Ini

Odilia WS - detikFood Selasa, 19 Mei 2020 03:00 WIB
Heallthy Organic Fruit Salad with Berries Pineapple and Grapes Foto: iStock
Jakarta -

Buah-buahan segar tergolong asupan yang dianjurkan bagi tiap orang. Tetapi bagi penderita diabetes harus berhati-hati karena bisa memicu kenaikan gula darah.

Asupan gizi seimbang sangat dianjurkan oleh para ahli gizi dunia. Berupa asupan karbohidrat, lemak, protein hingga serat dan sejumlah vitamin dan mineral. Asupan ini untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan imunitas terjaga.

Berbeda dengan penderita diabetes. Mereka harus menjaga asupan kalori, terutama karbohidrat. Asupan ini juga bisa berasal dari beragam buah segar. Meskipun secara umum buah segar dianjurkan dikonsumsi setiap hari, ada baiknya penderita diabetes membatasi atau menghindari makan buah-buahan tertentu.



Dikutip dari situs boldsky dan dari berbagai sumber, ini daftar buah segar yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1. Mangga

Beragam jenis mangga punya rasa manis atau manis asam yang enak. Buah bertekstur empuk ini enak dimakan sebagai buah potong, cmapuran jus atau smoothies. Tetapi buah ini kurang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Setiap 100 gram buah mangga mengandung 14 gram gula yang dapat menaikkan kadar gula darah. Meskipun menyandang predikat Raja Buah karena enak rasanya, konsumsi mangga ini secara teratur justru bisa memicu kenaikan gula darah pada penderita diabetes.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]