Kopi Lebih Sehat dan Tinggi Antioksidan dengan Tambahan Bahan Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 09 Mei 2020 03:00 WIB
Kopi tinggi antioksidan Foto: iStock
Jakarta -

Kopi sebenarnya termasuk minuman tinggi antioksidan. Namun jika ingin membuatnya lebih sehat lagi, coba tambahan bahan-bahan ini.

Kopi merupakan salah satu minuman yang rasanya pahit. Walaupun begitu, kopi tetap digemari banyak orang. Mereka menikmati kopi sebagai penambah semangat dan konsentrasi dalam menjalankan beragam aktivitas.

Biasanya orang-orang akan mengonsumsi kopi pada pagi hari saat sarapan. Ada juga yang mengonsumsinya saat siang hari menjelang sore dimana energi telah banyak berkurang.

Kopi tinggi antioksidanKopi tinggi antioksidan Foto: iStock

Kopi mengandung kafein yang merupakan zat yang digunakan sebagai antioksidan. Sehingga tubuh lebih sehat dan tak mudah sakit. Hanya saja kopi yang memiliki zat antioksidan tinggi ini yang tidak dicampur apapun.

Baca Juga: Dicampur Sawo hingga Mangga, Ini 5 Racikan Kopi Buah yang Enak

Kopi bisa lebih sehat lagi jika Anda mencampurkan beragam bahan makanan lainnya. Dirangkum dari California University Magazine (4/5), Anda bisa menambahkan rempah-rempah ke dalam kopi.

Kopi tinggi antioksidanKopi tinggi antioksidan Foto: iStock

Misalnya memasukkan sedikit bubuk kayu manis untuk tambahan zat antioksidan. Kayu manis yang terkandung pada kopi pun disebutkan dapat menyehatkan jantung. Kayu manis juga sudah digunakan untuk rempah masakan dan obat tradisional sejak ribuan tahun lalu.

Bisa juga menambahkan jahe saat Anda terserang flu. Jahe pada kopi ini akan berperan sebagai tambahan antioksidan dan zat anti-inflamasi pada tubuh. Selain itu jahe yang terkandung dalam kopi juga dapat mengurangi keram, kolesterol jahat dan lainnya.

Kopi tinggi antioksidanKopi tinggi antioksidan Foto: iStock

Kunyit juga bisa Anda tambahkan ke dalam kopi lho foodies! Walaupun rempah satu ini sangat populer sebagai bumbu masakan namun kandungan nutrisi sehatnya juga sangat baik dikonsumsi bersama kopi. Disebutkan adanya kandungan curcumin pada kunyit dapat meingkatkan zat antioksidan yang lebih banyak. Curcumin juga mengandung zat anti-inflamasi yang baik untuk peradangan.

Jika ingin rasa manis alami terdapat pada kopi, Anda bisa menambahkan bubuk kakao. Bubuk kakao yang merupakan superfood ini akan menambahkan rasa manis alami pada kopi. Bubuk kakao juga menyimpan zat antioksidan yang tinggi dan baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Kopi Campur Lemon, Minuman Sensasional yang Kaya Khasiat



Simak Video "Menjajal Kedai Kopi Milik Anak Ahok yang Indonesia Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)