Makanan Ini Direkomendasikan Jadi Rahasia Panjang Umur

Odilia WS - detikFood Kamis, 07 Mei 2020 04:00 WIB
yogurt halal Foto: iStock/Business Korea
Jakarta -

Untuk perpanjang usia banyak orang terapkan pola makan sehat dan olahraga. Dipercaya makanan sehat ini bisa tambah harapan hidup.

Sudah jadi rahasia umum untuk mencapai usia panjang dan sehat orang harus menerapkan gizi seimbang dan olahraga teratur. Hal tersebut juga berdampak pada pencapaian berat badan ideal.

Ahli nutrisi Julliet Kellow dan Dr Sarah Brewer dari Inggris merekomendasikan yogurt sebagai bahan makanan yang bisa mendukung penurunan berat badan dan memperpanjang usia harapan hidup.

Rekomendasi tersebut karena yogurt mengandung probiotik juga mineral seperti kalsium, fosfor dan protein. "Makan banyak yogurt bisa menurunkan tekanan darah, memperkuat tulang dan menurunkan risiko diabetes,' ungkap kedua ahli gizi tersebut seperti dilansir express.co.uk (5/5).

yogurtyogurt Foto: iStock



Anjuran ini berdasarkan hasil beberapa studi, yogurt dapat membantu beberapa masalah kesehatan dalam proses penuaan. Seperti tekanan darah tinggi, osteoporosis dan berat badan. Hal tersebut diungkapkan dalam buku 'Eat Better Live Longer - Understand What Your Body Needs To Stay Healthy.'

"Yogurt merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat baik. Studi menyarankan untuk konsumsi 1 porsi kecil sekitar 3-4 sendok makan setiap hari untuk manfaat kesehatan yang lebih," ungkap mereka.

Riset terbaru menyarankan bakteri probiotik baik yang ada dalam yogurt menyingkirkan bakteri buruk yang dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi. Hal ini berarti kita membatasi asupan kalori.

yogurtyogurt Foto: iStock



Konsumsi yogurt setiap sarapan juga bisa membantu penurunan berat badan. Karena yogurt memberi rasa kenyang lebih lama. Mereka yang rutin konsumsi yogurt akan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah dan lemak tubuh lebih kecil.

Dalam 100 gram yoghurt tawar full fat mengandung 61 kalori, 3.3 g lemak, 13 mg kolesterol, 46 mg sodium, 155 mg potassium, 4.7 karbohidrat dan 3.5 g protein. Selain itu juga mengandung vitamin A, C, kalsium dan zat besi.

Konsumsi yang dianjurkan ahli nutrisi adalah yogurt rendah lemak. Ditambah dengan asupan buah segar dan sayuran segar akan membantu penurunan risiko darah tinggi. Studi juga membukikan jika makan yogurt tawar rendah lemak 5 kali seminggu dapat menurunkan risiko darah tinggi hingga 20 persen.






Simak Video "Konsumsi Buah hingga Ikan Segar, Kunci Asupan Sehat di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)