Manfaat Makan Kurma Sukari yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan

Rosmha Widiyani - detikFood Kamis, 30 Apr 2020 08:00 WIB
kurma Foto: istimewa/Manfaat Makan Kurma Sukari yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan
Jakarta -

Buah kurma menjadi hidangan khas selama bulan Ramadhan yang biasa dikonsumsi saat buka puasa. Salah satunya adalah kurma sukari atau kurma sukari yang ternyata bermanfaat bagi kesehatan.

"Riset membuktikan daging kurma sukari mengandung gula tinggi dari jenis glukosa dan fruktosa, mineral K, Ca, dan Mg, serta komponen lain yang mudah menguap (volatile compound). Kurma sukari juga punya potensi memberikan perlindungan terhadap reaksi oksidasi," ujar peneliti Azhari Siddeeg dalam riset berjudul Sugar Proļ¬le, Volatile Compounds, Composition and Antioxidant Activity of Sukkari Date Palm Fruit.

Studi tahun 2018 tersebut dimuat dalam Journal of Food Science and Technology. Bila dirangkum, hampir 70 persen kandungan dalam kurma sukari adalah gula yang bisa meningkatkan energi. Sementara 30 persen lainnya adalah asam folat, protein, besi, potasium, dan serat yang baik untuk kesehatan jantung.

Kata sukari dalam bahasa Arab berarti manis atau the sweet one, yang merupakan varietas populer di antara negara Arab dan Eropa. Kurma sukari biasa disebut royal dates atau queen of dates.

Bentuk kurma sukari sedikit lebih kecil dan memanjang dibanding jenis lainnya. Penampilan luar kurma berkerut namun tidak mengelupas. Kurma terasa sangat lembut dan tidak kenyal saat dikunyah hingga ditelan.

Menurut badan pangan dunia FAO, kurma sukari adalah satu dari 200-400 varietas kurma yang bisa dikonsumsi manusia. Secara umum konsumsi kurma, termasuk kurma sukari, bermanfaat untuk kesehatan.

1. Mengatasi anemia

Kurma sukari mengandung zat besi yang terbukti khasiatnya mengatasi anemia. Konsumsi secukupnya memungkinkan tubuh tidak mudah lelah, yang merupakan ciri khas orang dengan anemia.

2. Camilan sehat

Konsumsi kurma sukari cocok untuk yang sedang program diet dengan memilih camilan sehat. Kandungan gula dan nutrisi lain memungkinkan tubuh tidak kekurangan energi saat beraktivitas. Konsumsi kurma juga membantu mengendalikan rasa lapar sehingga tetap makan secukupnya saat diet.

3. Meningkatkan energi

Tekstur kurma sukari yang lembut dan kandungan gula yang tinggi sangat tepat dikonsumsi mereka yang berpuasa. Kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa seketika menggantikan energi yang digunakan saat beribadah. Dengan manfaat ini, kurma sukari bisa dikonsumsi secukupnya selain di bulan Ramadhan.

4. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Kandungan potasium dalam kurma sukari membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Hasilnya tubuh tetap bisa berfungsi dengan baik dalam berbagai kondisi lingkungan. Tentunya konsumsi kurma harus dibarengi kecukupan air putih 8 gelas per hari.



Simak Video "Slurp! Segarnya Berbuka dengan Es Kurma"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)