Cemas dan Gelisah? Seduh 5 Jenis Teh Ini Untuk Meredamnya

Odilia WS - detikFood Kamis, 30 Apr 2020 03:00 WIB
Indonesian Tea Class, Teh untuk kafe Foto: iStock


4. Teh Lavander

Lavander dikenal sebagai minyak essensial yang bisa menenangkan. Selain itu juga populer sebagai pengobatan herbal untuk atasi kecemasan dan stres. Tanaman ini juga bisa diseduh sebagai teh.

Studi yang melibatkan 31 orang mengindikasikan jika aroma lavander bis membuat tidur lebih lelap. Kecuali itu juga memberi energi saat bangun. Teh lavander juga mendorong produksi dopamine, zat kimia dalam otak yang bisa memicu rasa senang. Secara bersamaan mengurangi hormon stres cortisol.

Untuk menikmati teh yang harum ini, gunakan 2 sendok teh lavander kering untuk tiap 240 ml air. Seduh dengan air panas dan diamkan beberapa saat. Sebaiknya minum sebelum tidur agar lebih lelap. Bisa juga diminum di siang atau sore hari untuk menurunkan tingkat stres.

Teh Peredam Cemas dan GelisahTeh Peredam Cemas dan Gelisah. Foto: iStock



5. Teh Peppermint

Pepperminta atau mentol dikenal akan rasanya yang dingin, sejuk dan semriwing. Daun mint yang diseduh sebagai teh bisa mendorong mood baik dan aromanya memberi kesegaran. Secara tradisional dipakai untuk membuat tubuh santai dan mood menjadi lebih baik.

Percobaan pada binatang menunjukkan teh peppermint atau mentol bisa membantu aktivitas di sistem syaraf pusat dan peripheral. Seduh 1 sendok teh daun mint kering atau 2 sdt daun mint segar dengan 250 ml air panas. Biarkan selama 3-5 menit.

Sebaiknya gunakan jenis daun mint kering dan segar untuk mendapatkan efek maksimal. Hindari memakai teh mint kantong. Sebaiknya nikmati teh ini di pagi hari untuk mendapat dorongan energi dan mood yang baik.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)