Cemas dan Gelisah? Seduh 5 Jenis Teh Ini Untuk Meredamnya

Odilia WS - detikFood Kamis, 30 Apr 2020 03:00 WIB
Indonesian Tea Class, Teh untuk kafe Foto: iStock


2. Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai teh yang kaya akan khasiat sehat. Banyak studi membuktikan khasiat teh ini untuk menurunkan berat badan dan tekanan darah. Teh hijau mengandung antioksidan dan polyphenol yang bisa membantu menjaga kesehatan. Teh ini juga bisa menurunkan kecemasan dan membuat syaraf lebih rileks. Ini karena teh hijau mengandung asam amini yang dikenal sebagai L-theanine.

Studi juga membuktikan jika L-theanine mempunyai efek langsung pada otak yang dibuktikan dengan tes elektroencephalograf. L-theanine mampu menaikkan gelombang alpha pada otak yang menunjukkan kemampuan membuat lebih rileks tanpa rasa kantuk.

Kamu bisa memilih teh hijau Jepang yang dikukus dalam proses pembuatannya. Teh ini rasanya sedikit manis dan beraroma rumput segar. Atau teh hijau China yang aromanya sedikit gosong dan punya aroma tanah. Teh hijau sebaiknya tidak diseduh dengan air mendidih karena rasanya akan pahit. Seduh dengan air bersuhu 70 C selama 1-3 menit.

Teh Peredam Cemas dan GelisahTeh Peredam Cemas dan Gelisah. Foto: iStock



3. Teh Mawar

Seperti namanya teh ini merupakan herbal tisane yang terbuat dari kelopak bunga mawar. Tentu saja aroma teh ini sangat harum dan punya rasa agak manis. Teh ini sangat populer di kalangan penggemar teh karena bisa dicampur dengan jenis bunga atau jenis teh lain.

Beberapa penelitian membuktikan jika teh ini punya efek neuropharmacological. Para peneliti di Iran menemukan bakwa teh mawar damask punya efek hipnotik dan analgesik. Teh ini membuat orang cepat mengantuk dan tidur lelap. para ilmuwan juga menemukan bahwa teh ini berkaitan langsung dengan reseptor benzodiazepine yang khasiatnya sama dengan obat Xanax.

Sebagian besar peneliti juga menekankan manfat flavonoid yang ada pada teh mawar. Zat ini berkenaan langsung pada produksi hormon stres cortisol dan membantu mengurang inflamasi.

Untuk menyeduhnya, gunakan 1 sendok makan penuh kelopak mawar kering untuk tiap 240 ml air. Seduh air mendidih dan biarkan selama 5-8 menit. Saring dan nikmati hangat dengan tambahan madu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]