Cemas dan Gelisah? Seduh 5 Jenis Teh Ini Untuk Meredamnya

Odilia WS - detikFood Kamis, 30 Apr 2020 03:00 WIB
Indonesian Tea Class, Teh untuk kafe Foto: iStock
Jakarta -

Rasa cemas dan gelisah membuat orang sulit konsentrasi dan tidur lelap. Seduhan 5 jenis teh ini bisa membuat tubuh lebih santai.

Ada beberapa jenis teh yang biasa diseduh untuk dinikmati aroma dan rasanya. Ada teh dari tanaman camelia sinensis, teh herba dan teh bunga serta buah. Tak ada teh yang punya karakter sama persis. Karena berasal dari alam tiap jenis teh punya keunikan.

Menghirup secangkir teh sejak ribuan tahun dikenal di China. Tak sekedar sebagai pelepas dahaga tetapi aroma teh dipercaya bisa membuat tubuh lebih rileks dan pikiran menjadi lebih tenang. Karenanya dalam budaya Jepang dan China teh menjadi bagian meditasi.

Selain itu banyak orang percaya meracik atau menyeduh teh, menghirup harum aromanya bisa menenangkan pikiran. Jika di bulan puasa kamu sering diganggu kecemasan dan gelisah, ada baiknya seduh secangkir teh di saat buka puasa atau sahur.

Efek pandemi virus corona membuat banyak orang mengalami kesulitan ekonomi dan masalah psikologi. Belum lagi rasa cemas dan khawatir terkena serangan virus corona. Ambil waktu sejenak untuk menikmati secangkir teh bisa menjadi solusi yang baik.



Dirangkum dari cupandleaf.com dan berbagai sumber, beberapa jenis teh ini dipercaya bisa mengusir kecemasan, gelisah dan rasa khawatir. Bersantailah sejenak, pilihlah satu dari 5 teh berikut ini dan nikmati keharumannya. Sluurp!

Chamomile tea on a trayTeh Chamomile. Foto: iStock



1. Teh Chamomile

Teh bunga chamomile ini dikenal karena keharumannya. Bunga kuning yang mungil jika diseduh menghasilkan air teh yang kuning harum aromanya. Sejak lama dikenal akan efeknya yang menenangkan.

Beberapa studi memperlihatkan teh chamomile dapat mengikat reseptor GABA di otak, dan membuat tubuh lebih santai. Teh bunga ini juga menyasar sistem reseptor yang sama dengan obat seperti Xanax. Teh ini dikenal sebagai teh yang mampu membuat orang tidur lebih lelap.

Untuk menyeduhnya, taruh 1 sendok teh chamomile kering dalam teko teh. Didihkan air lalu tuangkan ke dalam teko. Biarkan selama 5-10 menit. Setelah hangat, minum sebelum tidur atau saat kamu merasa cemas dan gelisah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]