Jangan Lupa! Konsumsi 7 Buah dan Sayur Ini Untuk Imunitas Selama Puasa

Odilia WS - detikFood Jumat, 24 Apr 2020 06:30 WIB
Jus buah dan sayur Foto: Istock
Jakarta -

Berpuasa dengan lancar dan sehat bisa dilakukan lewat pola makan. Konsumsi buah dan sayur yang bisa dukung imunitas selama puasa.

Selama berpuasa kamu harus lebih cermat menjaga asupan makanan agar kebutuhan nutrisi harian tubuh tetap tercukupi. Selain asupan karbohidrat, protein dan lemak, asupan vitamin dan mineral lewat sayuran tak boleh dilewatkan.

Hampir semua jenis buah dan sayuran memberi asupan serat, vitamin dan mineral. Tetapi harus dipilih dengan cermat, buah dan sayur yang paling banyak memberi manfaat untuk tingkatkan sistem daya tahan tubuh. Ini agar kamu tetap sehat, tak mudah diserang penyakit terutama virus COVID-19 yang sedang mewabah.


Dirangkum dari berbagai sumber, ini buah dan sayuran segar yang sebaiknya dikonsumsi bergantian tiap hari selama berpuasa.

1. Nanas

Indonesia punya beragam nanas yang unik dan enak. nanas Bogor, nanas Palembang, nanas madu, nanas Subang. Buah berwarna kuning ini aromanya harum dan rasanya manis berair. Cocok sebagai pelepas dahaga saat berbuka puasa.

Selain mengandung serat, nanas juga mengandung bioflavonoid bromelain yang merupakan enzim proteolytic yang memcahkan protein. Bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dan juga punya fungsi antiinflamasi.

Kandungan bromelain dalam pepaya sangat baik untuk meredakan gejala sinus, mengurangi dahak dan membantu membersihkan saluran pernafasan. Karenanya konsumsi nanas dianjurkan pada mereka yang mengalami sinusitis.

Konsumsi nanas dalam keadaan segar sebagai buah, campuran salad, campuran es buah atau rujak. Juga enak dijadikan jus dengan paduan buah lain. Lebih baik dikonsumsi segar karena seratnya membantu memperlancar pencernaan.


2. Pepaya

Buah berwarna oranye dengan rasa manis ini tergolong buah rakyat yang harganya murah dan mudah didapat. Seperti jeruk, warna oranye menunjukkan kandungan betakaroten dan vitamin C yang tinggi. Kedua vitamin ini sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Nutrisi pepaya juga berkhasiat sebagai antiinflamsai yang sangat baik mencegah infelsi, flu dan demam. Pepaya juga sangat baik untuk memperlancar pencernaan dan menyehatkan usus.

Pepaya bisa dinikmati sebagai buah segar, jus buah segar dengan paduan buah lain. Cara terbaik untuk menikmati buah ini adalah sebagai buah segar, campuran salad buah, rujak atau asinan.

3. Jeruk

Menyebut jeruk, sangat banyak ragamnya. Jeruk Navel, jeruk kupas, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk Bali dan lainnya. Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C.

Usahkan untuk mengonsumsi buah ini terutama dalam bentuk segar. Seperti jus jeruk atau dimakan sebagai buah segar. Kandungan vitamin C dalam jeruk membantu tubuh melawan infeksi bakteri.

Jeruk paling sering dijadikan paduan dengan buah lain. Ini karena aromanya yang segar dan rasa kecut yang menyengat. Bisa dipadukan dengan pepaya, semangka atau alpukat agar rasanya makin enak.

4. Wortel

Semua orang tahu jika sayuran berwarna oranye dengan rasa renyah manis ini sangat kaya akan betakaroten. Nutrisi sangat penting untuk daya tahan tubuh. Usahakan untuk selalu konsumsi sayuran ini setiap hari.

Wortel juga mengandung vitamin A yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Seratnya juga mampu memperlancar pencernaan. Konsumsi wortel dalam beragam olahan sehingga tak membosankan.

Dalam keadaan segar, wortel bisa diolah menjadi campuran salad, lalapan atau jus buah segar. Dijadikan isian sup atau dibuat cake dan kue juga tak kalah enak. Rasa manisnya membuat sayuran ini disukai banyak orang.



5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau gelap sangat kaya akan nutrisi terutama phytochemical yang bisa menambah daya tahan tubuh. Selain itu ada sejumlah vitamin, mineral dan serat dalam nutrisinya.

Sayuran harus dikonsumsi tiap hari untuk pemenuhan nutrisi, terutama sebagai penjaga daya tahan tubuh. Olahan sayuran sangat beragam. Makanan tradisional, tumisan, sup, salad atau digoreng.

Semakin segar atau mentah, makin baik nutrisi yang diberikan pada tubuh. Karenanya olah seminim mungkin dengan panas agar kekayaan nutrisinya tetap terjaga.

6. Jamur

Hampir semua jenis jamur kaya akan nutrisi. Karena itu sejak lama dipercaya sebagai penjaga kesehatan. Terutama jenis jamur shiitake atau jamur hioko yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Jamur yang tebal payung jamurnya ini rasanya mirip daging sehingga sering dipakai sebagai pengganti daging oleh vegan. Jamur mengandung mineral, vitamin dan serat.

Bisa diolah menjadi tumisan, sup, salad, atau dijadikan campurna omelet dan olahan pasta. Beli jamur shiitake yang segar dengan tampilan bersih dan payung jamurnya masih merekat kuat pada tangkainya.

7. Bawang Putih

Sejak merebaknya virus corona banyak orang mengonsumsi bawang putih. Menurut sejumlah informasi menyebutkan jika bawang putih bisa menangkal virus tersebut. Ternyata sejumlah ahli mengkonfirmasi bahwa informasi tersebut adalah hoax.

Bawang putih sebenarnya punya sejumlah khasiat sehat. Seperti kandungan senyawa S-allylcysteine, dialil sulfida dan dialil disulfida yang bersifat antikanker. Selain itu bawang putih juga sangat baik untuk memperlancar aliran darah.

Sementara sejak dulu bawang putih juga dipercaya sebagai obat flu dan pilek serta memperkuat daya tahan tubuh. Khasiat ini makin kuat jika dikonsumsi mentah. Karenanya tambahkan bawang putih mentah, sebagai bumbu atau paduan aneka masakan sajian puasa.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)