Jangan Lupa! Konsumsi 7 Buah dan Sayur Ini Untuk Imunitas Selama Puasa

Odilia WS - detikFood Jumat, 24 Apr 2020 06:30 WIB
Jus buah dan sayur Foto: Istock


5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau gelap sangat kaya akan nutrisi terutama phytochemical yang bisa menambah daya tahan tubuh. Selain itu ada sejumlah vitamin, mineral dan serat dalam nutrisinya.

Sayuran harus dikonsumsi tiap hari untuk pemenuhan nutrisi, terutama sebagai penjaga daya tahan tubuh. Olahan sayuran sangat beragam. Makanan tradisional, tumisan, sup, salad atau digoreng.

Semakin segar atau mentah, makin baik nutrisi yang diberikan pada tubuh. Karenanya olah seminim mungkin dengan panas agar kekayaan nutrisinya tetap terjaga.

6. Jamur

Hampir semua jenis jamur kaya akan nutrisi. Karena itu sejak lama dipercaya sebagai penjaga kesehatan. Terutama jenis jamur shiitake atau jamur hioko yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Jamur yang tebal payung jamurnya ini rasanya mirip daging sehingga sering dipakai sebagai pengganti daging oleh vegan. Jamur mengandung mineral, vitamin dan serat.

Bisa diolah menjadi tumisan, sup, salad, atau dijadikan campurna omelet dan olahan pasta. Beli jamur shiitake yang segar dengan tampilan bersih dan payung jamurnya masih merekat kuat pada tangkainya.

7. Bawang Putih

Sejak merebaknya virus corona banyak orang mengonsumsi bawang putih. Menurut sejumlah informasi menyebutkan jika bawang putih bisa menangkal virus tersebut. Ternyata sejumlah ahli mengkonfirmasi bahwa informasi tersebut adalah hoax.

Bawang putih sebenarnya punya sejumlah khasiat sehat. Seperti kandungan senyawa S-allylcysteine, dialil sulfida dan dialil disulfida yang bersifat antikanker. Selain itu bawang putih juga sangat baik untuk memperlancar aliran darah.

Sementara sejak dulu bawang putih juga dipercaya sebagai obat flu dan pilek serta memperkuat daya tahan tubuh. Khasiat ini makin kuat jika dikonsumsi mentah. Karenanya tambahkan bawang putih mentah, sebagai bumbu atau paduan aneka masakan sajian puasa.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)