Jangan Lupa! Konsumsi 7 Buah dan Sayur Ini Untuk Imunitas Selama Puasa

Odilia WS - detikFood Jumat, 24 Apr 2020 06:30 WIB
Jus buah dan sayur Foto: Istock

2. Pepaya

Buah berwarna oranye dengan rasa manis ini tergolong buah rakyat yang harganya murah dan mudah didapat. Seperti jeruk, warna oranye menunjukkan kandungan betakaroten dan vitamin C yang tinggi. Kedua vitamin ini sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Nutrisi pepaya juga berkhasiat sebagai antiinflamsai yang sangat baik mencegah infelsi, flu dan demam. Pepaya juga sangat baik untuk memperlancar pencernaan dan menyehatkan usus.

Pepaya bisa dinikmati sebagai buah segar, jus buah segar dengan paduan buah lain. Cara terbaik untuk menikmati buah ini adalah sebagai buah segar, campuran salad buah, rujak atau asinan.

3. Jeruk

Menyebut jeruk, sangat banyak ragamnya. Jeruk Navel, jeruk kupas, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk Bali dan lainnya. Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C.

Usahkan untuk mengonsumsi buah ini terutama dalam bentuk segar. Seperti jus jeruk atau dimakan sebagai buah segar. Kandungan vitamin C dalam jeruk membantu tubuh melawan infeksi bakteri.

Jeruk paling sering dijadikan paduan dengan buah lain. Ini karena aromanya yang segar dan rasa kecut yang menyengat. Bisa dipadukan dengan pepaya, semangka atau alpukat agar rasanya makin enak.

4. Wortel

Semua orang tahu jika sayuran berwarna oranye dengan rasa renyah manis ini sangat kaya akan betakaroten. Nutrisi sangat penting untuk daya tahan tubuh. Usahakan untuk selalu konsumsi sayuran ini setiap hari.

Wortel juga mengandung vitamin A yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Seratnya juga mampu memperlancar pencernaan. Konsumsi wortel dalam beragam olahan sehingga tak membosankan.

Dalam keadaan segar, wortel bisa diolah menjadi campuran salad, lalapan atau jus buah segar. Dijadikan isian sup atau dibuat cake dan kue juga tak kalah enak. Rasa manisnya membuat sayuran ini disukai banyak orang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]