5 Manfaat Jus Seledri Kala Puasa: Tahan Lapar hingga Jaga Cairan Tubuh

Puti Yasmin - detikFood Selasa, 21 Apr 2020 06:30 WIB
Jus seledri Jus Seledri/Foto: iStock
Jakarta -

Seledri biasanya digunakan sebagai pelengkap dalam makanan. Namun, makanan satu ini ternyata mengandung banyak manfaat untuk tubuh saat disajikan menjadi jus seledri.

Ada berbagai variasi dalam membuat minuman ini. Misalnya mencampurkan madu, lemon, kacang panjang, hingga timun untuk menambah cita rasa.

Cara minum jus seledri biasanya dilakukan di pagi hari saat perut masih kosong. Tentunya selama Ramadhan, jus seledri bisa diminum sewaktu bersantap sahur. Dengan begitu, ada banyak manfaat dari minuman ini yang bisa didapat kala berpuasa.

Manfaat jus seledri:

1. Mencegah Kanker

Jus SeledriJus Seledri Foto: iStock

Berdasarkan penelitian Universitas Rutgers di New Jersey, jus seledri bisa mencegah pertumbuhan kanker di dalam tubuh. Sebab, seledri mengandung zat acetylenic dan asam fenolik yang bersifat sebagai anti kanker.

Selain itu, ada juga zat phytochemical coumarin yang dapat mencegah perkembangan kanker pada usus besar serta lambung. Dengan begitu risiko kanker pada tubuh seseorang dapat menurun.

2. Tahan Lapar

Jus SeledriJus Seledri Foto: ilustrasi/thinkstock

Berpuasa artinya menahan rasa lapar, haus dan hawa nafsu. Nah, mengonsumsi jus seledri bisa membantu untuk menahan rasa lapar yang biasa terjadi lho.

Pasalnya, makanan ini mengandung kadar air yang tinggi serta kalori yang rendah. Sehingga jus seledri yang dikonsumsi banyak bisa membuat rasa kenyang yang lebih lama tanpa ada banyak kalori yang masuk.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jus SeledriJus Seledri Foto: iStock

Untuk memiliki daya tahan tubuh yang bagus, resep jus seledri bisa menjadi solusinya. Minuman ini mengandung berbagai zat gizi hingga vitamin dalam satu porsi.

Dikutip dari Forbes, seledri memiliki kalium, folat, serat, dan vitamin K yang bersifat anti-inflamasi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu melawan infeksi.

4. Jaga Cairan Tubuh

Jus SeledriJus Seledri Foto: iStock

Dengan tingkat air mencapai 95%, seledri bisa menjaga kandungan air dalam tubuh. Sebab, tubuh manusia terdiri dari 60-10% air sehingga ini menjadi hal penting guna mencegah dehidrasi.

Selain itu, kandungan air yang tinggi pada seledri juga terbukti baik pada pencernaan tubuh. Dilansir Powerfulmind satu cangkir seledri setara dengan 5 gram serat makanan.

5. Turunkan Berat Badan

Jus SeledriJus Seledri Foto: iStock

Minuman ini juga cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet. Minuman ini hanya mengandung kalori sekitar 6 kkal per batangnya sehingga cepat mengenyangkan tanpa perlu banyak makan.

Selain itu, kandungan asam klorida juga dapat meningkatkan fungsi usus. Jadi tak perlu pikir dua kali saat mengonsumsi jus seledri ya. saat program diet ya.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)