Begini Cara Tepat Konsumsi Kopi untuk Tetap Produktif Selama WFH

Yudistira Imandiar - detikFood Selasa, 07 Apr 2020 14:12 WIB
cara minum kopi Foto: iStock
Jakarta -

Kopi dapat menjadi teman yang tepat saat memulai rutinitas harian. Kafein pada kopi membantu tubuh lebih bersemangat untuk produktif selama beraktivitas.

Mengusir kantuk dan memompa semangat dengan kopi bukanlah sekadar sugesti. Mengutip luxafor.com, setiap 6 mg kafein dalam kopi mampu mencegah penyerapan senyawa adenosin ke dalam otak. Senyawa tersebut memicu otak untuk mengenali rasa lelah, hingga menimbulkan kantuk.

Namun, kopi mesti dikonsumsi dengan bijak agar tidak menimbulkan efek buruk pada tubuh. Konsumsi kopi secara rutin mesti diimbangi beberapa hal berikut ini.

Jangan Minum Kopi Terlalu Pagi

Masih dilansir dari luxafor.com, sebuah studi menjabarkan, di pagi hari sekira pukul 8-9 tubuh memproduksi hormon steroid kortisol yang dapat mencegah stres. Di saat tubuh memiliki kortisol yang cukup, semangat akan muncul. Meminum kopi di pagi hari malah akan menggangu produksi kortisol, yang mengacaukan pengelolaan stres sepanjang hari.

Cukupi Hidrasi Tubuh

Kopi bersifat diuretik sehingga dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Selain itu, kopi punya tingkat keasaman cukup tinggi, sehingga rentan menyakiti lambung. Oleh sebab itu, konsumsi kopi harus diimbangi dengan hidrasi air putih yang cukup. Jika tubuh mengalami dehidrasi, otak akan sulit untuk berkonsentrasi dan membuat produktivitas menurun.

Kurangi Campuran Gula

Menambahkan gula pada kopi malah akan mengurangi kinerja kafein dalam menstimulasi respon otak. Asupan gula berlebih membuat penyerapan adenosin ke otak berlangsung lebih cepat, impaknya rasa kantuk akan timbul. Semangat beraktivitas pun akan menurun.

Jika kopi dikonsumsi dengan cara yang tepat, akan memberikan suntikan semangat untuk membantu lebih produktif sepanjang hari. Selama Work From Home (WFH), mengonsumsi kopi bisa membuat lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan dari rumah.

Kalau bosan bikin kopi di rumah, kamu bisa pesan berbagai jenis kopi lewat GrabFood. Ada berbagai kedai kopi yang bekerja sama menjadi merchant GrabFood. Selama pandemi corona, Grab membuat layanan pengantaran tanpa kontak untuk melindungi mitra pengemudi dan konsumen dari penularan virus.



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)