Berapa Gelas Sebaiknya Minum Jus Jeruk Tiap Hari?

Odilia WS - detikFood Selasa, 07 Apr 2020 05:30 WIB
Thirsty woman drinking fresh orange juice at kitchen (high angle view). Foto: iStock
Jakarta -

Jeruk menjadi primadona buah kaya vitamin C yang bisa tingkatkan daya tahan tubuh. Tetapi berapa banyak sebaiknya jus diminum tiap hari?

OJ alias Orange Juice sudah menjadi menu sarapan orang Amerika sejak lama. Kemudian jus jeruk ini dipromosikan sebagai minuman sehat alami yang bisa memberi asupan vitamin C terbaik. Karenanya banyak orang di dunia memasukkan dalam menu sarapan sehat.

Jus jeruk segar menjadi populer sejak merebaknya virus Corona di dunia. Tak hanya jeruk segar yang laris, jus jeruk kemasan hingga jus jeruk ekstrak menjadi buruan banyak orang di dunia. Bahkan konsumsi jus jeruk menjadi meningkat tajam di dunia. Meskipun buah jeruk bukan satu-satunya buah yang kaya vitamin C.

jerukjeruk Foto: doc. detikfood



Satu gelas (240 ml) jus jeruk segar mengandung 110 kalori, 25.5 g karbohidrat, 0.5 gram serat, 125.8 mg vitamin C, 28 mg kalsium, 0.50 mg zat besi dan sejumlah mineral lainnya. Sedangkan 1 buah jeruk ukuran sedang (131 g) mengandung 61.6 kalori, 15.4 karbohidrat, 3.1 g serat, 69.7 mg vitamin C dan 0.13 mg zat besi.

Sementara untuk kebutuhan kalori harian, untuk pria sekitar 2.000 - 3.000 kalori dan wanita 1.600 - 2.400 kalori. Jadi segelas jus jeruk bisa mencukupi 3.6 % hingga 6.9% kebutuhan kalori harian. Namun yang perlu dicermati adalah kandungan gula dalam jus jeruk. Fruktosa yang ada dalam jeruk lebih cepat diubah menjadi lemak.

Dilansir dari Mashed (30/3) ahli gizi menyarankan untuk membatasi konsumsi jus jeruk segelas sehari. Selain itu sebaiknya konsumsi jus jeruk segar yang baru diperas. Hindari konsumsi jus kemasan yang biasanya ditambahkan gula. Usahakan untuk tidak membiarkan jus jeruk segar yang diperas terlalu lama di kulkas karena nutrisinya berkurang saat didiamkan terlalu lama. Minum segera jus jeruk yang baru diperas

Portrait of happy senior man sitting at home with walking stock and smilingPortrait of happy senior man sitting at home with walking stock and smiling Foto: iStock



Berikut ini cara membuat jus jeruk segar:

1. Siapkan 1-2 buah jeruk Navel atau jeruk Pontianak. Jumlah jeruk sesuaikan dengan ukurannya. Kira-kira bisa menghasilkan 1 gelas (240 ml) jus jeruk.

2. Cuci bersih jeruk di bawah air mengalir sambil gosok perlahan untuk melarutkan kotoran lalu lap hingga kering.

3. Belah jeruk melintang dan peras dengan perasan jeruk manual atau listrik, tampung jusnya.

4. Tuang ke dalam gelas dan nikmati segara. Tanpa tambahan pemanis seperti gula atau madu. Jeruk sudah mengandung fruktosa.



Simak Video "Segarnya Jus Delima, Pas untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)