Sedang Terserang Batuk? Coba Redakan dengan 4 Makanan Herbal Ini

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikFood Kamis, 02 Apr 2020 11:40 WIB
Grab Foto: shutterstock
Jakarta -

Dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, tubuh kita mungkin dapat dengan mudah terkena beberapa penyakit akibat imunitas yang berkurang. Apalagi saat ini sedang diadakannya phyisical distancing, yang membuat kita jarang bergerak dan selalu diam di rumah.

Nah, batuk merupakan salah satu penyakit yang sering datang di kala cuaca tidak menentu seperti saat ini. Memakan makanan yang kurang sehat dan juga berminyak justru akan menambah rasa sakit atau gatal di tenggorokan, sehingga batuk bisa menjadi lebih parah.

Oleh karena itu, kita membutuhkan beberapa makanan herbal untuk meredakan batuk yang semakin parah. Apakah kamu tahu makanan herbal apa saja yang dapat meredakan batuk pada tenggorokanmu? Berikut 4 makanan herbal yang bisa kamu coba seperti dilansir dari Medical News Today:

Kimchi

Kimchi atau makanan sejenis yang mengandung probiotik, dapat meningkatkan imunitas tubuh. Secara tidak langsung dengan mengonsumsi probiotik, imunitas tubuh kita akan meningkat. Lalu innfeksi yang menyebabkan batuk, dapat dengan cepat dilawan oleh sistem imun kita yang telah ditingkatkan oleh probiotik.

Nanas

Nanas mengandung sebuah enzim dengan nama Bromelain yang berada tepat di bagian tengah buah. Bromelain mempunya sifat anti inflamasi dan juga mucolytic yang berguna untuk menghancurkan mucus (cairan lengket penyebab batuk) yang berada di tenggorokan.

Teh Daun Thyme

Daun Thyme yang sudah dikeringkan dapat disajikan dalam bentuk teh untuk diminum. Thyme sendiri mempunyai antioksidan yang sangat baik dan bermanfaat untuk meredakan batuk, sakit tenggorokan, bronkitis, dan masalah pencernaan.

Teh Madu

Madu dapat dibuat sebagai minuman teh untuk mengurangi rasa batuk yang ada di tenggorokan. Beberapa studi memperlihatkan bahwa madu memiliki efek meredakan batuk yang lebih baik, ketimbang obat yang mengandung dextromethorpan. Campurkan madu dengan perasan lemon, untuk membuat teh madu yang lebih berkhasiat.

Itulah beberapa makanan herbal yang dapat meredakan batuk yang kamu alami. Jika batukmu belum sembuh juga, ada baiknya untuk membeli obat batuk yang sudah terbukti khasiatnya. Saat ini aplikasi Grab melalui layanan GrabHealth sedang mengadakan promo pembelian produk kesehatan.

Setiap pembelian produk kesehatan seperti obat batuk menggunakan dompet digital OVO di layanan GrabHealth, akan mendapatkan cashback OVO sebesar Rp 10.000 untuk minimum pembelian Rp 20.000. Promo ini hanya akan berlangsung dari tanggal 28 Maret hingga 3 April 2020.



Simak Video "Tradisi Nimung Rame, Bentuk Syukur Masyarakat di Pulau Sumbawa "
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)