Apa Benar Buah Pisang Bisa Mencegah Virus Corona?

Riska Fitria - detikFood Jumat, 27 Mar 2020 15:30 WIB
Banana Foto: iStock
Jakarta -

Belakangan ini viral soal video yang menyebut bahwa buah pisang dapat melindungi tubuh dari serangan virus corona. Apa benar?

Pemberitaan tentang virus corona selama ini semakin membuat masyarakat di seluruh dunia menjadi panik dan resah. Kepanikan itu kemudian membuat mereka mudah percaya dengan segala informasi yang berkaitan dengan virus corona, termasuk tentang cara pencegahannya.

Seperti yang tengah beredar luas di media sosial. Sebuah video yang memperlihatkan bagaimana para ilmuwan dan peneliti Australia berlomba untuk mengembangkan vaksin untuk jenis virus corona.

Apa Benar Buah Pisang Bisa Mencegah Virus Corona?Foto: Istimewa

Kemudian dalam klip video itu juga menyebut bahwa buah pisang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah virus corona.

Video itu lantas menjadi viral dan dipercayai banyak orang, tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu. Namun, WTHR (26/03) mengungkapkan fakta yang sesungguhnya.

Baca Juga : Apa Benar Minum Teh Bisa Cegah Infeksi Virus Corona?

Menurutnya, pisang memang merupakan buah yang menyehatkan dengan sumber nutrisi berupa kalium, magnesium dan vitamin B6 dan C. Namun, manfaat buah pisang tidak sampai pada meningkatkan sistem kekebalan tubuh melebihi makanan sehat lainnya.

Apa Benar Buah Pisang Bisa Mencegah Virus Corona?Foto: iStock

Klaim tentang buah pisang dapat mencegah virus corona memang masuk akal. Mengingat buat pisang merupakan sumber vitamin yang baik. Pernyataan tersebut juga tertulis dalam situs School of Public Health di Harvard.

"Pisang merupakan buah bergizi dan bahkan disebut sebagai superfood pertama yang didukung oleh American Medical Associaion di awal abad-20 sebagai makanan sehat untuk anak-anak dan pengobatan untuk penyakit celiac atau penyakit autoimun," tulisnya.

Meskipun begitu, tetapi buah pisang tidak memiliki kemampuan untuk menghentikan atau mencegah virus corona. Tak ada satu pun penjelasan yang tertulis pada World Health Organization (WHO) maupun Centers for Disease Control (CDC).

Apa Benar Buah Pisang Bisa Mencegah Virus Corona?Foto: iStock

Ternyata video viral tersebut adalah hoax. Ada dua klip video berbeda yang kemudian diedit menjadi satu klip. Jika kamu melihat video yang sesungguhnya memang benar para peneliti di Australia tengah berusaha membuat vaksin untuk virus corona.

Namun, di video itu tidak sama sekali membahas soal buah pisang. Ternyata hanya keusilan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karenanya penting untuk mengecek informasi yang beredar di media sosial.

Baca Juga : Imbas Virus Corona, Bawang Putih Diburu dan Harganya Melonjak



Simak Video "Cara Membuat Keripik Pisang Warna-warni"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)