Racik Masala Chai, Teh Rempah Untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 26 Mar 2020 06:30 WIB
Indian street seller selling tea- masala chai in Jaipur. Masala chai is a beverage from the Indian subcontinent made by brewing tea with a mixture of aromatic Indian spices and herbs. Jaipur is the capital city of Rajasthan. Jaipur is known as the Pink City, because of the color of the stone exclusively used for the construction of all the structures. Foto: iStock
Jakarta -

Racikan teh khas India ini bukan hanya harum dan hangatkan tubuh tetapi juga menambah daya tahan tubuh. Yuk, bikin untuk pelengkap sarapan.

Teh menjadi minuman pelengkap sarapan yang digemari di dunia. Selain Inggris dan Amerika, India juga mengenal racikan teh hitam untuk menemani sarapan yang dikenal sebagai masala chai.

Selain teh hitam dan susu, racikan teh ini memakai rempah-rempah kering. Bukan sekedar penambah aroma dan rasa rempah-rempah ini juga memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sangat cocok dikonsumsi di pagi hari untuk pencegah virus corona.



Dilansir dari times of india ( 23/3) berikut ini tahapan meracik masala chai atau rempah untuk membuat masala tea yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Racik  Masala Chai, Teh Rempah Untuk Perkuat Daya Tahan TubuhFoto: iStock



1. Bahan-bahan rempah

Siapkan 2 sdm klabet hijau, 1 sdm cengkeh, 2 sdm lada hitam utuh, 4 batang kayumanis panjang 3 cm dan 66 gram jahe bubuk.
Rempah kering ini bisa dibeli di supermarket atau toko bumbu online. Harganya tidak terlalu mahal.

Jemur di bawah sinar matahari atau sangari atau oven sebentar hingga rempah kering benar. Selanjutnya haluskan dengan grinder menjadi bubuk rempah. Taruh dalam wadah bertutup rapat.

Racik  Masala Chai, Teh Rempah Untuk Perkuat Daya Tahan TubuhFoto: iStock



2. Khasiat rempah

Menurut Ayurveda, rempah-rempah tersebut berfungsi sebagai antibakteri sekaligus sebagai bahan yang kaya akan antioksidan. Demikian juga bahan peracik chai masala ini.

Jahe
Sejak lama jahe dikenal akan khasiat antiperadangan dan antibakteri yang mendukung sistem kekebalan tubuh, terutama saat perubahan cuaca. Menghangatkan tubuh dan memberi energi. Juga berkhasiat melancarkan pencernaan dan mendorong metabolisme yang bisa mendukung penurunan berat badan.

Lada Hitam
Dalam berbagai penelitian disebutkan lad ahitam mengandung zat antiperadangan juga antioksidan, antibakteri dan bisa mengurangi deman yang membantu sistem kekbalan tubuh tetap efektif.

Kayu Manis
Rempah yang harum ini mengandung antioksidan yang bisa melawan segala jenis flu yang mendukung daya tahan tubuh yang sehat. Mampu mengurangi peradangan sistemik dari keadaan kesehatan yang kronis termasuk kanker. Dalam penelitian juga disebut kayumanis bisa turunkan gula darah dan menurunkan berat badan.

Klabet Hijau
Klabet ada yang putih, cokelat dan hijau. Rempah ini kaya antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan dan mencegah peradangan dalam tubuh. Membantu pernafasan dengan melancarkan sirkulasi oksigen dan melegakan.

Rempah ini juga kaya akan minyak esensial yang efektif melaean beragam bakteri yang sebabkan infeksi jamur dan infeksi perut. Memperlancar pencernaan dan meningkatkan metabolisme yang bisa mendukung penurunan berat badan.

Cengkih
Cengkih kaya akan eugenol, kandungan antiperdangan dan antivirus yang membantu melawan infeksi dan peradangan. Juga mengandung kaempferol dan rhamnetin, flavanoid yang sama seperti eugenol khasiatnya. Kaya akan antioksidan yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan kerusakan oksidatibe dan radikal bebas.

Racik  Masala Chai, Teh Rempah Untuk Perkuat Daya Tahan TubuhFoto: iStock


3. Cara meracik masala chai


Untuk meracik 2 cangkir masala chai atau teh masala perlu disiapkan:

250 ml air
1 sdt masala bubuk
2 sdm teh hitam daun atau 1 kantong teh hitam celup
250 ml susu fullcream cair
2 sdm madu

• Untuk membuatnya, rebus air bersama masala bubuk hingga mendidih. Tambahkan duan teh. Diamkan sebentar hingga teh larut.
• Tambahkan susu, aduk rata.
• Saring, tuang dalam 2 cangkir, beri madu dan sajikan hangat.



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)