Masak di Rumah Aja

Makanan Kalengan Bisa Penuhi Nutrisi Harian Selama Masa Isolasi?

Devi Setya - detikFood Sabtu, 21 Mar 2020 15:00 WIB
Halaman 1 dari 5
makanan kalengan Foto: istimewa
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Berbagai makanan kalengan dijadikan stok bahan makanan selama masa isolasi. Meskipun enak dan praktis tapi banyak yang meragukan kandungan gizinya.

Makanan segar tidak bisa disimpan terlalu lama, jadi tidak bisa dijadikan stok selama masa isolasi. Jadi orang beralih ke makanan kalengan yang tahan lama, mudah disimpan serta mudah diolah. Tapi apakah nutrisi pada makanan kalengan bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh?

Dilansir dari Metro (20/3) kandungan nutrisi makanan kalengan tidaklah sama dengan makanan segar. Ada beberapa nutrisi yang hilang ketika proses pengolahan makanan kalengan. Apalagi makanan dalam kalengan ini melalui proses pemanasan sehingga ada vitamin yang rusak dan hilang.

Seorang ahli gizi, Pascal Nourtier mengatakan inovasi pengemasan makanan kalengan sudah dilakukan sejak abad ke-18. Kualitas makanan yang dikemas dalam kaleng ini mampu dipertahankan secara maksimal, namun tidak dengan kandungan nutrisinya.

"Ada beberapa jenis vitamin yang hilang karena proses pemanasan," kata Paskal. Jenis vitamin yang hilang ini adalah nutrisi yang mudah terurai saat terkena panas. Ada jenis vitamin yang larut dalam air ketika terkena panas. Oleh karenanya ketika mengolah makanan kalengan sebaiknya tidak membuang cairan dari dalam makanan kaleng," jelas Pascal.

Baca juga : 5 Cara Mengolah Ikan Sarden Kalengan Jadi Sajian Enak Tanpa Amis

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja