8 Makanan Ini Punya Kandungan Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 19 Mar 2020 07:07 WIB
A selection of different Summer fruits, in a variety of bowls on a painted blue wood planked farmhouse kitchen table, against a light blue background. Foto: iStock


5. Pepaya

Buah tropis satu ini memiliki warna oranye yang sangat cantik. Banyak Peneliti yang mengatakan kalau pepaya dapat membantu dalam mencerahkan kulit, menguatkan tulang, serta melancarkan pencernaan.

Pepaya juga dikenal sebagai buah yang kaya akan serat dan vitamin C. Dalam 145 gram pepaya mengandung 86,3 mg vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk tubuh.

Baca Juga: Pertama Kali Mencicipi Buah Tropis Indonesia, Ini Tanggapan Boyband NCT 127 https://food.detik.com/info-kuliner/d-4798432/pertama-kali-mencicipi-buah-tropis-indonesia-ini-tanggapan-boyband-nct-127

6. Stroberi

Buah yang rasanya asam dan berwarna merah ini adalah stroberi. Stroberi banyak tumbuh di daerah pegunungan karena sangat cocok jika ditanam di sana. Biasanya stroberi diolah menjadi hidangan dessert seperti jus, es krim, milkshake, kue, pancake, dan lainnya.

Stroberi juga dipercaya dapat menyehatkan jantung serta memutihkan gigi secara alami. Stroberi juga mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk tubuh, salah satunya vitamin C sebanyak 84,7 mg untuk 88 gram stroberi.

7. Kembang Kol

Kembang kol merupakan tumbuhan sejenis dengan brokoli hanya saja warna nya putih. Kembang kol ini banyak sekali digunakan untuk masakan. Jika di Indonesia kembang kol digunakan untuk hidangan sup dan capcay.

Kembang kol ini kaya akan nutrisi baik untuk tubuh, diantaranya ada serat, protein, karbohidrat dan vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat pada kembang kol pun melebihi jeruk yaitu sebanyak 127,7 mg untuk ukuran kecil.

8. Kiwi

Satu lagi makanan yang kandungan vitamin C nya melebihi jeruk, yaitu kiwi. Buah berwarna hijau ini penampakannya mirip dengan sawo hanya saja memiliki bulu halus pada permukaan kulit luarnya.

Kiwi rasanya asam dan segar, banyak digunakan dalam campuran salad buah, puding, dan lainnya. Kandungan nutrisi buah kiwi pun sangat beragam, diantaranya ada potasium, zat koper, dan vitamin C sebanyak 168,2 mg untuk 2 buah kiwi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(yms/odi)