Beras Kencur Bisa Jadi Obat Batuk Alami, Begini Cara Membuatnya

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 15 Mar 2020 07:00 WIB
Fresh aromatic kencur rhizomes Jamu beras kencur. Foto: iStock
Jakarta -

Kencur termasuk tanaman rimpang yang sering diolah menjadi jamu tradisional. Kencur juga dikenal dengan beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya atasi batuk.

Kombinasi antara beras dan kencur bisa digunakan untuk meredakan batuk hingga mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Jika kamu punya banyak waktu, lebih baik buat jamu sendiri di rumah untuk stok sehingga dapat dinikmati setiap hari.

Aroma kencur terasa lembut dibandingkan dengan empon-empon atau temu-temuan lainnya. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kencur juga dapat menyembuhkan batuk pada anak-anak hingga dewasa.

Dikutip dalam buku berjudul "Temu-temuan & Empon-empon, Budi Daya dan Manfaatnya" oleh Ir. Fauziah Muhlisah untuk menyembuhkan batuk, ambilah satu jari rimpang kencur segar. Bersihkan lalu parut. Peras airnya dan masukkan ke dalam sendok, tambahkan sedikit madu dan diminum.


Berikut cara membuat jamu beras kencur :


Resep Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur. Jamu beras kencur. Foto: iStock

Cara membuat jamu beras kencur yang enak sebaiknya pilih kencur segar dan tambahkan dengan sedikit gula. Cara membuat jamu beras kencur tradisional ternyata tidak terlalu sulit, cukup diparut dan dicampurkan dengan beberapa bahan tambahan lain. Ini dia cara membuat jamu beras kencur yang enak:

Bahan jamu beras kencur:

150 gr beras, rendam semalam dan tiriskan

1500 ml air

250 gr gula Jawa

250 gr kencur

Cara membuat jamu beras kencur:

- Sangrai beras sampai berwarna coklat, dinginkan

- Blender semua bahan kemudian saring

- Rebus hasil saringan hingga mendidih

- Simpan dalam botol kaca dan sajikan


Mengonsumsi kencur juga bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu proses penyembuhan batuk yang optimal. Selain memiliki manfaat untuk batuk, kencur juga sering dimanfaatkan untuk suara para penyanyi. Kencur disebut dapat membantu menjaga pita suara sehingga tenggorokan terasa lega. Kencur juga bisa membantu atasi mual, mengobati diare, hingga redakan inflamasi.


Selain mengatasi batuk dan redakan inflamasi. Jamu beras kencur dan kunyit asam dapat membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh.



Simak Video "Ini Dia Loloh Cemcem, Jamu yang Berkhasiat!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)