5 Makanan Enak untuk Hilangkan Lingkaran Hitam dan Kantong Mata

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 07 Mar 2020 07:00 WIB
mentimun Foto: iStock
Jakarta -

Masalah kantong mata dan lingkaran hitam dialami banyak orang. Ada cara alami mengatasinya dengan 7 makanan berikut.

Kantong mata biasanya muncul karena kurang tidur atau kelelahan. Masalah ini dialami banyak pria dan wanita dengan lingkaran hitam yang menyertainya. Meski tak berbahaya, adanya kantong mata dan lingkaran hitam tentu mengganggu penampilan.

Terlebih kantong mata bisa jadi merupakan efek samping penuaan. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan cara alami menggunakan 7 makanan berikut. Informasinya dirangkum dari Get The Gloss (5/3).

Baca Juga: Bangun Tidur, Kantung Mata Bengkak? Atasi dengan Kentang hingga Air Es

1. Mentimun

5 Makanan Enak untuk Hilangkan Lingkaran Hitam dan Kantong MataFoto: iStock


Mentimun sering jadi penyelamat mata lelah. Biasanya jika kamu ke salon akan diberikan lembaran mentimun dingin untuk ditaruh di mata. Fungsinya membuat area mata lebih rileks.

Untuk mengatasi kantong mata dan lingkaran hitam, mentimun juga bisa langsung dikonsumsi setidaknya 1/4 potong setiap hari. Mentimun tinggi kandungan air yang berfungsi menghidrasi. Juga ada vitamin K yang meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

2. Semangka
Seperti halnya mentimun, semangka juga tinggi kandungan air sehingga bisa atasi kantong mata dan lingkaran hitam. Semangka juga memiliki banyak antioksidan yang mendukung kesehatan mata, termasuk betakaroten.

Nutrisi lain yang terdapat pada semangka adalah likopen, serat, vitamin B1, B6, C, potassium, dan magnesium. Kamu bisa makan semangka langsung sebagai buah segar atau diolah jadi jus dan smoothies.

3. Tomat

5 Makanan Enak untuk Hilangkan Lingkaran Hitam dan Kantong MataFoto: Getty Images/iStockphoto/Love portrait and love the world


Makanan untuk hilangkan kantong mata dan lingkaran hitam ini rasanya enak. Tomat mengandung antioksidan kuat bernama likopen yang juga membuat warnanya merah. Fungsi lain likopen adalah bantu melindungi pembuluh darah halus dan meningkatkan sirkulasi ke mata.

Nutrisi penting yang terkandung pada tomat adalah lutein, betakaroten, quercetin, dan vitamin C. Untuk mengonsumsinya, jadikan tomat sebagai camilan. Makan 1 tomat ukuran sedang atau 7 tomat cherry setiap hari.

4. Seledri
Seledri punya banyak manfaat sehat. Seledri merupakan sumber mineral elektrolit yang bagus. Mengonsumsinya bisa mengurangi bengkak pada mata. Seledri juga mengandung sodium yang baik untuk kesehatan.

Pasalnya sodium itu berbeda dengan sodium pada garam meja karena meningkatkan penyerapan nutrisi lain. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa jadikan batang seledri sebagai camilan. Atau dipadukan ke dalam salad agar lebih nikmat.

5. Bit

5 Makanan Enak untuk Hilangkan Lingkaran Hitam dan Kantong MataFoto: iStock


Satu lagi buah yang bisa mengatasi kantong mata dan lingkaran hitam. Bit yang berwarna merah bisa diandalkan. Bit mengandung antioksidan betalain yang sangat bagus untuk kesehatan mata.

Bit juga mengandung folat, vitamin C, dan magnesium yang menyehatkan secara keseluruhan. Kamu bisa mengonsumsi bit dalam berbagai olahan, yang direkomendasikan adalah 85 gram setiap hari.

Baca Juga: Alpukat hingga Sendok Bantu Atasi Kantung Mata dan Mata Lelah



Simak Video "Nyam! Kreasikan Isi Burgermu Sendiri di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)