Makan Telur Sebutir Sehari Terbukti Aman Bagi Jantung

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 12 Feb 2020 05:30 WIB
kreasi telur ceplok untuk sahur Foto: Instagram
Jakarta -

Telur sering disebut mengandung lemak tinggi sehingga perlu dibatasi konsumsinya. Nyatanya penelitian terbaru menyebut aman konsumsi telur sebutir sehari.

Sejak dulu telur jadi andalan untuk memenuhi asupan nutrisi harian. Ini karena telur mengandung protein, lemak, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Banyak orang menghindari kuning telur lantaran kandungan kolesterolnya.

Namun penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi telur, sebutir setiap hari baik untuk kesehatan. Sementara selama ini orang masih percaya bahwa telur harus dibatasi konsumsinya. Ini karena kandungan lemak jenuh yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Penelitian ini mengambil fokus kaitan konsumsi telur dengan aliran darah dan penyakit kardiovaskular. Juga pada angka kematian dalam studi global yang melibatkan populasi dari negara miskin, menengah dan kaya.

Makan Telur Sebutir Sehari Terbukti Aman Bagi JantungFoto: iStock



Peneliti mempelajari 177.000 orang dari total 50 negara di 6 kontinen, dengan mengacu data pada 3 studi lanjutan terdahulu. Studi melengkapi dengan banyak data tentang kaitan pola makan dan kesehatan kardiovaskular dengan latar belakang sosial ekonomi.

Dilansir dari helath24 (7/2) dan publikasi di The American Journal of Clinical Nutrition, Mahshid Dehghan, penulis pertama dan peneliti pada Population Health Research Institute (PHRI) dari McMaster University menyimpulkan hasil penelitian ini.

'Penelitian menemukan konsumsi telur dengan porsi sedang, sekitar 1 butir sehari yang dilakukan banyak orang, tidak menyebabkan naiknya risiko penyakit kardiovaskular. Juga tidak menaikkan angka kematian meskipun pada orang-orang yang punya riwayat penyakit kardiovaskular atau diabetes', ungkapnya.

Selain itu ia juga menegaskan tak ada hubungan antara konsumsi telur dengan kolesterol darah, baik komponennya atau faktor risiko lainnya. Penemuan ini berlaku pada mereka yang sehat maupun yang pernah menderita penyakit kardiovaskular.

Makan Telur Sebutir Sehari Terbukti Aman Bagi JantungFoto: istimewa



Hasil penelitian ini mematahkan penelitian tahun lalu yang menyebutkan adanya kaitan antara konsumsi telur dengan risiko penyakit kardiovaskular. karena studi itu berfokus pada populasi lebih kecil hanya di Amerika Serikat saja. Selain itu juga tidak disebutkan secara rinci sumber kolesterol dari makanan mereka, apakah dari telur atau sumber lainnya.

Penelitian terbaru ini tidak mengharuskan penggemar berat telur untuk mengurangi makan telur. Karena sebagian besar kolesterol dan lemak jenuh ada pada kuning telur. Jadi cukup mengurangi asupan kuning telur saja.

Cara mengolah telur juga tidak dibahas dalam penelitian terbaru ini. Apakah telur digoreng, direbus atau dipanggang. Karena menggoreng akan membuat telur berubah nutrisinya. Sebaiknya konsumsi telur dengan cara mudah dan sederhana. Khusus buat mereka yang pernah menderita penyakit kardiovaskular, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter soal porsi konsumsi telur per hari.

Telur merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi, mudah didapat dan harganya murah. Sebutir telur mengandung 75 kalori, 7 gram protein, 5 gram lemak dan 1.6 gram lemak jenuh. Selain itu juga mengandung zat besi, vitamin, mineral dan karotenoid.



Simak Video "Menyantap Makanan Khas Jepang di Atas Tikar Tatami"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)