Gandaria, Buah Eksotis yang Memiliki Banyak Manfaat

Tri Suharyati - detikFood Selasa, 11 Feb 2020 10:30 WIB
buah gandaria Foto: iStock/istimewa/Gandaria, Buah Eksotis yang Memiliki Banyak Manfaat
Jakarta -

Buah gandaria atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan buah jatake ini bisa tumbuh di daerah tropis. Buah asli Indonesia ini dikenal sebagai buah eksotis yang tersebar di Thailand dan Malaysia.

Bentuk buahnya yang menyerupai mangga ini memang masuk dalam keluarga mangga. Buah gandaria berukuran kecil, biji berwarna putih dan ungu muda. Saat mentah buah ini berwarna hijau dan kuning ketika matang. Rasanya manis sedikit asam jika buahnya sudah masak.

Buah gandaria bisa dijadikan berbagai macam olahan. Seperti jus, salad buah, rujak gandaria, asinan dan sambal gandaria. Rasanya yang asam manis membuat olahannya menjadi lebih segar untuk dinikmati. Daun muda dari pohon gandaria pun bisa dijadikan lalapan untuk teman makan. Jadi, makan kamu akan lebih nikmat.


Walaupun bentuknya yang kecil dan sedikit asam, buah gandaria memiliki banyak manfaat yang berguna untuk tubuh kamu loh!


Berikut Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah gandaria dirangkum dari beberapa sumber.


1. Buah Gandaria Meningkatkan Kesehatan Mata


Untuk kamu yang memiliki masalah dengan mata dan ingin membuat mata lebih sehat, buah gandaria sangat baik dikonsumsi karena mengandung beta karoten di mana zat tersebut akan berubah menjadi vitamin A saat berproses dalam tubuh, sehingga ini akan baik untuk kesehatan mata.


2. Buah Gandaria Menjaga Kesehatan Kulit


Kulit kering seringkali menjadi masalah utama untuk kamu yang suka berpergian. Untuk membuat kulit tetap lembab, mengonsumsi buah gandaria sangat disarankan. Buah ini mengandung Vit C yang cukup tinggi yang mampu memproduksi kolagen secara maksimal. Kolagen juga berfungsi untuk kamu yang memiliki luka pada kulit, kolagen akan membantu proses penyembuhan dengan cepat.


3. Buah Gandaria Menjaga Kesehatan Jantung


Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh. Maka jantung harus dijaga kesehatannya. Buah gandaria mengandung banyak serat yang bisa membantu jantung bekerja secara optimal. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai jus atau asinan.


4. Buah Gandaria Mengoptimalkan Sirkulasi Darah


Darah dalam tubuh membutuhkan air untuk menjaga kekentalan dan kelancaran. Konsumsi jus buah gandaria sangat membantu mengoptimalkan aliran darah, karena kandungan air yang cukup banyak di dalamnya.


5. Buah Gandaria Mencegah Kanker


Buah gandaria mengandung air dan serat yang cukup tinggi, sehingga bisa mempercepat dan memperbaiki proses pencernaan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C yang ada pada buah ini akan melindungi sel-sel tubuh dan menangkal berbagai macam efek radikal bebas sehingga kemungkinan timbul sel kanker bisa dihindari.

Buah gandariaBuah gandaria/Foto: iStock/istimewa


6. Buah Gandaria Sebagai Obat Sariawan


Kandungan vitamin C pada buah ini sebesar 100mg yang dapat membantu proses penyembuhan sariawan lebih cepat. Kamu bisa menjadikannya jus atau dimakan langsung.


7. Buah Gandaria Membantu Menurunkan Berat Badan


Kandungan serat yang terdapat pada buah ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama jika mengonsumsinya. Hal tersebut bisa mengurangi nafsu makan dan lemak pada tubuh. Sehingga, berat badan akan berkurang secara perlahan.


8. Buah Gandaria Menjaga Fungsi Otak


Otak membutuhkan 70% air untuk membantunya tetap bekerja. Mengonsumsi buah gandaria dapat membantu memenuhi kebutuhan air dan nutrisi pada otak. Jadi, kamu kan tetap fokus.


9. Buah Gandaria Membersihkan Racun Pada Tubuh


Buah gandaria dikenal memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Meminum jus gandaria berfungsi untuk membuang racun pada tubuh. Selain itu, air dapat membantu mendorong racun untuk keluar melalui pencernaan.


10. Buah Gandaria Menyehatkan Tulang


Manfaat lain dari gandaria, yaitu memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Mengonsumsinya secara rutin akan membantu menjaga kesehatan tulang dan proses pembentukan tulang.



Simak Video "Cara Mudah Bikin Kue Putelo yang Lembut dan Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)