Makan Junk Food dan Tetap Langsing? Ikuti Tips Ahli Gizi Ini

Riska Fitria - detikFood Jumat, 31 Jan 2020 15:00 WIB
Makan junk food Foto: iStock
Jakarta -

Junk food dikenal sebagai makanan tak sehat yang bisa menambah berat badan. Namun, seorang ahli gizi memberikan tips makan junk food dan tetap langsing.

Sesuai namanya junk food disebut tidak sehat karena makanan tersebut mengandung gula, lemak, garam dan minyak dalam jumlah yang tinggi. Oleh karena itu mengonsumsi junk food sering dikaitkan dengan meningkatkan berat badan.

Namun, kini kamu tak usah khawatir, pasalnya kamu tetap bisa mengonsumsi junk food tanpa takut bobot tubuh naik. Seorang ahli gizi bernama Graeme Tomlinson membagikan tips akan junk food melalui acara talkshow This Morning.

Makan Junk Food dan Tetap Langsing? Ikuti Tips Ahli Gizi IniAhli gizi Graeme Tomlinson dalam acara This Morning Foto: Istimewa

Dilansir dari Wales Online (29/01) tips makan junk food yang diberikan oleh Graeme adalah dengan defisit kalori. Menurutnya, defisit kalori pada dasarnya adalah ketika kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang diasup setiap hari. Cara ini merupakan satu-satunya acara ilmiah untuk menurunkan berat badan.

"Dengan semua diet yang Anda lihat di luar sana, semuanya membutuhkan defisit kalori untuk bekerja. Kamu bisa makan apa saja dan kapan aja, asal kamu mengurangi asupan kalorinya," ujar Graeme.

Dalam acara tersebut juga tersedia beberapa sample makanan lengkap dengan keterangan jumlah kalorinya. Kemudian, Graeme membandingkan antara yogurt dengan 247 kalori dan camilan kitkat dengan 40 kalori lebih sedikit.

Makan Junk Food dan Tetap Langsing? Ikuti Tips Ahli Gizi IniJunk food Foto: iStock

Baca Juga : Makan Fast Food Juga Menyehatkan, Asalkan Ikuti 5 Tips Ini

Selain itu juga pada smoothie sayuran buah dengan 432 kalori dan segelas coke dengan 315 kalori. Jika dilihat dari jumlah kalorinya, junk food memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit. Itu mengapa Grame mengatakan bahwa defisit kalori sangat penting.

Dalam tips makan junk food ini bukan berati Graeme menyarankan untuk lebih memilih junk food dibandingkan dengan makanan sehat. Melainkan untuk lebih menimbang-nimbang jumlah kalori dari makanan yang akan disantap.

Tak disangka, tips makan junk food itu justru menuai kontra. Melalui cuitan di twitter banyak netizen yang mengutarakan pendapat soal tips makan junk food yang diberikan oleh ahli gizi tersebut.

Makan Junk Food dan Tetap Langsing? Ikuti Tips Ahli Gizi IniJunk Food Foto: iStock

"Mengurangi junk food dan makan lebih banyak sayuran dan minum lebih banyak air terdengar masuk akal. Diet yang terdiri dari Coca Cola dan Kit Kat? hmm tidak yakin," tulis salah satu netizen.

Sementara ini, sudah ada bukti dari beberapa orang yang berhasil menurunkan badan dengan masih menyantap junk food. Seperti yang dialami oleh pria bernama Jordan Syatt ini. Ia menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Diat yang dijalaninya yaitu dengan hanya mengonsumsi burger buatan McDonald's setiap harinya. Namun, ia berhasil menurunkan berat badan hingga 15 kilogram.

Makan Junk Food dan Tetap Langsing? Ikuti Tips Ahli Gizi IniFoto: Istimewa

"Saya tidak mengatakan burger ini sehat, tapi saya hanya ingin melakukan tantangan sekaligus membuktikan sesuatu yang sederhana, kalian yang sedang diet pun tetap bisa makan makanan favorit," ujar Syatt.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa menyantap makanan apapun tidak akan membuat bobot tubuh langsung meningkat. Asalkan dimakan dengan porsi yang sesuai.

Baca Juga : Jalani Diet. Pria Ini Makan Burger Tiap Hari dan Berat Badannya Justru Turun



Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)