Kuliner Imlek

Hati-hati! Konsumsi Hot Pot Saat Imlek Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 23 Jan 2020 13:30 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Kuliner Imlek
Jakarta -

Perayaan Imlek diisi agenda makan bersama keluarga. Menu populer adalah hot pot, namun hati-hati makan hot pot saat Imlek karena bisa picu tekanan darah tinggi!

Hot pot adalah hidangan berkuah kaldu dengan bahan makanan direbus bersamaan di dalamnya. Yang populer antara lain aneka sayuran, daging seperti sapi, ayam, seafood, dan ada juga makanan olahan seperti sosis, bakso, bakso ikan, crabstick, chikuwa, telur, jamur, dan lainnya.

Hot pot paling enak disantap bersama nasi putih ataupun dimakan tanpa nasi dengan mencelupkannya ke dalam racikan saus yang terdiri dari kecap asin, cabai rawit, dan bawang putih agar rasanya lebih nikmat. Anda pun bisa menyantapnya bersama kuah hot pot.

Menurut rumah sakit Mount Alvernia Hospital, Singapura, mengonsumsi hot pot saat Imlek bisa menyebabkan tekanan darah tinggi kalau konsumsinya terlalu banyak. Dilansir dari Must Share News (22/1), mereka mengatakan hot pot mengandung sodium yang tinggi sehingga dapat sebabkan lonjakan tekanan darah.

Hati-hati! Konsumsi Hot Pot Saat Imlek Bisa Picu Tekanan Darah TinggiFoto: Istimewa

Sodium dihasilkan dari kuah hot pot yang mengandung banyak garam, apalagi jika kuah tersebut menggunakan sejumlah bumbu. Mount Alvernia Hospital juga menjelaskan kadar sodium yang terkandung pada masing-masing kuah hot pot populer.

Baca Juga: 7 Tips Makan Shabu-shabu Agar Tubuh Lebih Sehat

Diantaranya Spicy Hot Pot mengandung 2.800 mg sodium, kuah tomat mengandung 3.840 mg sodium, kuah jamur mengandung 5.723 mg sodium, Spicy Sichuan mengandung 5.889 mg sodium, kuah seafood mengandung 7.647 mg sodium, lalu kuah kaldu ayam sebanyak 9.890 mg sodium, dan yang paling tinggi kandungan sodiumnya adalah Bah Ku Teh sebanyak 12.778 mg sodium.

Padahal asupan yang dianjurkan untuk tubuh setiap harinya hanyalah 1 sendok teh garam (5 gram) atau sebanyak 2.000 mg sodium. Hal itu disebutkan oleh Rachel Tso yang diadaptasi dari 'Enjoying Hot Pot the Healthy Way'.

Hati-hati! Konsumsi Hot Pot Saat Imlek Bisa Picu Tekanan Darah TinggiFoto: iStock

Tak hanya kuah hot pot saja yang mengandung sodium tinggi, bahan-bahan campuran hot pot seperti makanan olahan pun juga mengandung sodium yang tinggi. Contohnya 10 bakso ikan dan makanan olahan lainnya yang dimasak di dalam kaldu dengan saus celup akan melebihi batas anjuran asupan sodium harian yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Hot Pot China Autentik Bisa Dicoba di 5 Tempat Ini

Pihak Mount Alvernia Hospital juga memberikan tentang tips sehat jika Anda masih ingin menyantap hidangan hot pot saat Imlek tiba. Salah satunya menggunakan kaldu dengan rasa ringan.

Hati-hati! Konsumsi Hot Pot Saat Imlek Bisa Picu Tekanan Darah TinggiFoto: iStock

Selain itu mengonsumsi makanan olahan secukupnya saja, pilih daging yang tidak mengandung lemak, gunakan sayur lebih banyak, dan kontrol dalam mengonsumsi makanan pendamping seperti gorengan dan minuman manis. Jika tips sehat ini dilakukan, Anda akan terhindar dari asupan sodium berlebih yang memicu tekanan darah tinggi.



Simak Video "Segarnya Daging Hot Pot Halal di Beijing"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)
FOKUS BERITA Kuliner Imlek