Ikuti 5 Tips Menjaga Keamanan Makanan dan Air Bersih Ini Saat Banjir

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 03 Jan 2020 17:30 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tips menjaga keamanan makanan dan air bersih ini perlu diperhatikan saat banjir. Mulai dari menyelamatkan stok makanan hingga mensterilkan air yang ada.

Banjir yang melanda beberapa kota di Indonesia tengah menjadi permasalahan serius. Banyak warga terjebak dalam genangan air tinggi hingga harus diselamatkan untuk dipindah ke tempat yang lebih aman. Proses ini membutuhkan waktu dan kerja sama dari berbagai pihak.

Meski kini perlahan banjir sudah surut di beberapa tempat, masalah belum sepenuhnya selesai. Korban banjir harus menghadapi persoalan harta benda yang hilang atau hanyut hingga sanitasi yang belum sepenuhnya pulih karena stok air belum kembali normal.

Masalah lainnya adalah stok makanan mungkin menipis atau ada tapi dalam kondisi yang sudah tidak prima. Untuk mencegah berbagai penyakit atau masalah baru, tips menjaga keamanan makanan dan air bersih saat banjir ini penting disimak. detikFood merangkum informasinya dari Badan Pangan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) seperti berikut.

(adr/odi)