7 Manfaat Kencur yang Bisa Redakan Batuk Hingga Stres

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 21 Des 2019 09:30 WIB
Manfaat kencur. Foto: iStock
Jakarta - Kencur sering diolah menjadi jamu. Air perasan kencur sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari redakan batuk hingga menghilangkan stres. Ini manfaat kencur yang perlu kamu tahu!

Kencur merupakan salah satu tanaman rimpang yang berasal dari Asia. Kencur berasal dari keluarga suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Jenis rempah ini banyak ditemukan di Indonesia sebagai jamu beras kencur dan bumbu.


Rasa kencur agak pahit dan peas dengan aroma yang menyengat. Dirangkum detikFood, berikut ini beberapa manfaat kencur untuk kesehatan:

1. Meredakan Inflamasi

Kencur mengandung antioksidan dan zat anti inflamasi. Kencur bisa dimanfaatkan sebagai obat arthritis dan rheumatoid arthritis. Karena mengandung zat anti inflamasi, kencur bisa digunakan sebagai obat sariawan ataupun inflamasi di dalam abdomen.

2. Mengobati Batuk

Kencur mengandung zat yang juga terkandung dalam jahe dan kunyit. Kencur yang dihaluskan dan ditambahkan dengan garam dapat menjadi obat tradisional untuk atasi batuk berdahak.

Mengonsumsi kencur juga dapat membuat pernapasan lebih lega dan membantu proses penyembuhan batuk yang optimal. Selain memiliki manfaat untuk batuk, kencur juga sering dimanfaatkan untuk suara para penyanyi. Kencur disebut dapat membantu menjaga pita suara sehingga tenggorokan terasa lega.

Kencur yang diolah menjadi beras kencur.Kencur yang diolah menjadi beras kencur. Foto: iStock

3. Menghilangkan stres
Penelitian yang dilakukan dari Departemen Farmasi Universitas Jahangirnagar, Bangladesh berhasil menemukan manfaat kencur. Ekstrak kencur bisa sebagai antidepresan sehingga dapat menenangkan sistem saraf pusat.

Kencur juga digunakan sebagai efek sedatif sehingga dapat mengurangi efek stres, cemas dan juga gelisah.

4. Mengatasi Mual

Pada ibu hamil sering mengalami morning sickness. Selain jahe, kencur dapat bisa membantu atasi mabuk. Menikmati segelas teh yang dicampur dengan potongan kencur dan madu serta lemon bisa memantu atasi mual.

5. Mengobati Diare

Manfaat kencur dan kunyit bisa mengobati diare. Penelitian dari International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan kalau ekstrak kencur mengandung zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah banyak.

Penelitian pada hewan menunjukkan kalau kencur bisa mengurangi efek dari tanda-tanda dan gejala diare.

6. Mengobati Luka Bakar

Manfaat kencur yang lainnya adalah mengobati luka bakar. Kencur yang sudah dihaluskan dapat diaplikasikan pada area yang terbakar. Membalurkan kencur segar 3-4 kali per hari bisa mengurangi luka.

Manfaat kencur untuk kesehatan.Manfaat kencur untuk kesehatan. Foto: iStock

7. Meningkatkan Sistem Imun

Ekstrak polisakarida dari kencur ternyata bisa memberikan efek stimulasi pada sistem reticuloendothelial. Selain itu, kencur juga dapat meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.




Simak Video "Dari Ikan Baung, Jadilah Pindang Salai yang Menyegarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)