5 Manfaat Air Rendaman Kurma untuk Anak hingga Ibu Hamil

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 13 Des 2019 07:30 WIB
Manfaat air rendaman kurma. Foto: iStock
Jakarta - Kurma yang direndam dengan air memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa saja sih manfaat air rendaman kurma?

Kurma menjadi buah yang mengandung tinggi gizi dan kaya manfaat. Soal kesehatan, kalangan medis dan ahli agama sepakat, penyebutan sampai 26 kali kata 'kurma dalam Alquran menunjukkan peranan penting kurma.


Tidak hanya dapat dikonsumsi langsung, buah kurma juga bisa dimanfaatkan sebagai infused water. Air rendaman kurma ini disebut dengan air nabeez.

Salah satu ayat dalam Alquran tentang kurma tertuang dalam firman Allah dalam Surah Maryam ayat 25:

"Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang matang untukmu."

Mengandung potasium, serat, vitamin B kompleks, magnesium hingga selenium. Berikut manfaat air rendaman kurma bagi kesehatan:

1. Menghilangkan Kolesterol Jahat

Kurma tidak mengandung kolesterol, akan tetapi buah kurma ini dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat.

Mengonsumsi 5-6 butir kurma akan memenuhi kebutuhan serat harian. Kurma mengandung serat tak larut dan serat larut yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, serat larut juga mampu menurunkan kadar kolesterol darah, khususnya LDL yang merugikan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa meracik buah kurma berjumlah ganjil misalnya lima buah dan menghilangkan bijinya kemudian mencampurkan air. Didiamkan selama 8-12 jam.

Kurma yang memiliki banyak manfaat.Kurma yang memiliki banyak manfaat. Foto: iStock

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selenium yang terkandung dalam buah kurma bisa membantu mencegah penyakit kanker dan penting untuk kekebalan tubuh.

Kurma tidak mengandung vitamin C. Meskipun komposisinya tidak seimbang, kurma tetap menyehatkan tubuh jika dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Salah satunya, air rendaman kurma bisa dicampurkan dengan lemon. Manfaat air rendaman kurma dan lemon bisa membuat tubuh semakin sehat dan jarang terpapar penyakit.

3. Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Vitamin B kompleks dalam kurma terdiri dari tiamin, riboflavin, niacin, vitamin B-6 dan asam pantotenik. Vitamin B juga berperan penting dalam pembentukan haemoglobin, sel-sel darah putih dan darah merah.

Sehingga bisa dikatakan air rendaman kurma ini bermanfaat untuk ibu hamil karena bisa mencegah anemia.

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Air rendaman kurma ini mengandung kalium. Sehingga bisa membantu untuk menstabilkan tekanan darah dan menjaga kinerja jantung. Kalium ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena, kalau tubuh kamu kekurangan kalium, maka tubuh bisa mudah lelah. Jadi air rendaman kurma ini sangat dianjurkan atau baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Jus kurma.Jus kurma. Foto: Agus Setyadi/detikcom

5. Sangat Baik untuk Anak-anak

Manfaat air rendaman kurma untuk anak juga ada. Kurma menjadi buah yang paling banyak mengandung gula alami dari semua jenis buah-buahan. Gula dalam kurma berupa fruktosa, glukosa dan sukrosa yang mampu memasok energi bagi tubuh si kecil.






Simak Video "Slurp! Segarnya Berbuka dengan Es Kurma"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)