11 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan hingga Kecantikan

Puti Yasmin, Puti Yasmin - detikFood Minggu, 08 Des 2019 08:00 WIB
11 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan hingga Kecantikan/Foto: Thinkstock
Jakarta - Ada banyak manfaat beras merah bagi kesehatan yang tak dapat dipungkiri. Selain itu, beras merah ternyata juga berkhasiat untuk kecantikan lho. Apa saja manfaatnya?

Terdapat perbedaan kandungan antara beras merah dan beras putih. Hal itu lah yang membuat harga beras merah jauh lebih mahal.



Nah, berikut manfaat beras merah untuk kesehatan:

1. Gula Darah

Indeks glikemik pada beras merah jauh lebih rendah daripada beras putih. Artinya, seseorang yang mengonsumsi beras merah dapat menurunkan risiko peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

2. Obesitas

Manfaat beras merah bagi kesehatan yang lain, yakni dapat mengontrol berat badan yang bisa berujung pada obesitas. Pasalnya, beras merah mengandung vitamin dan mineral seperti mangan sehingga bisa mensintesis lemak tubuh.

3. Kanker

Kandungan selenium dan polifenol pada beras merah bisa mencegah penyakit kanker pada tubuh. Selain itu, manfaat beras merah bagi kesehatan juga mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

manfaat beras merah bagi kesehatanmanfaat beras merah bagi kesehatan Foto: detikfood

4. Alzheimer

Beras merah ternyata juga bermanfaat dalam mencegah penyakit alzheimer. Sebab, beras merah diketahui memiliki kandungan asam gama-aminobutyric yang banyak.

5. Jantung

Berdasarkan hasil studi, manfaat beras merah bagi kesehatan jantung juga ada. Sebab, beras merah mengandung komponen yang bisa melawan protein endokrin angiotensin II sang pemicu darah tinggi dan atherosclerosis atau plak pada dinding pembuluh darah.

6. Tulang

Manfaat beras merah untuk bayi juga ada lho. Kulit ari beras merah mengandung banyak mineral untuk pertumbuhan tulang, rambut, gigi, serta otot bayi.



7. Penuaan Dini

Ingin terlihat awet muda? Mengonsumsi beras merah bisa menjadi solusinya. Diketahui, manfaat beras merah bagi kecantikan karena memiliki kandungan kolagen untuk mencegah penuaan dan selenium yang mencegah peradangan.

8. Pencernaan

Pencernaan juga menjadi bagian tubuh yang sangat mendapatkan manfaat beras merah bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian beras merah mencegah penyerapan asam dan kelembapan, serta retensi tekstur lambung lebih baik.

9. Stres

Manfaat beras merah bagi kesehatan juga dapat mengontrol stres. Penelitian menunjukkan hasil positif pada ibu menyusui yang mengalami gangguan suasana hati, tahap depresi, dan kelelahan.

10. Mengontrol Minyak Wajah

Tak hanya dikonsumsi, menggunakan produk wajah dengan kandungan beras merah ternyata bisa mengontrol minyak di muka. Kulit wajah yang berminyak diketahui dapat memicu munculnya jerawat.

11. Pola Tidur

Manfaat beras merah bagi kesehatan yang lain adalah membantu pola tidur lebih baik. Hal itu berkat kandungan serotonin yang bisa membuat tidur nyenyak dan menciptakan rasa tenang.

Simak Video "450 Gerai Dunkin' Amerika Tutup Akhir Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/lus)