5 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Sudiarto Putra - detikFood Jumat, 06 Des 2019 11:00 WIB
Manfaat jengkol. Foto: iStock
Jakarta - Si 'bau' yang punya rasa enak ini ternyata memiliki banyak manfaat. Dengan porsi yang cukup, manfaat jengkol untuk kesehatan ini bisa kamu dapatkan.

Jengkol adalah makanan yang banyak digemari dikalangan masyarakat Indonesia. Makanan tersebut bisa diolah dengan berbagai kombinasi bahan lainnya. Pada umumnya jengkol biasanya diolah menjadi semur atau sambal balado.


Jengkol memiliki rasa yang sangat nikmat tetapi masih banyak yang tidak ingin mengonsumsi jengkol karena memiliki efek bau yang sangat menyengat setelah memakannya. Efek bau yang akan timbul setelah memakan jengkol biasanya mengalami bau mulut dan pada saat buang air kecil.

Meskipun memiliki efek yang mengganggu, jengkol ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa penelitian menunjukan bahwa jengkol mengandung karbohidrat dan minyak astiri. Tidak hanya itu, jengkol ternyata juga memiliki banyak sumber protein, vitamin A, vitamin B, kalsium, alkaloid, steroid, glikosida, dan saponin.

Semua kandungan yang terdapat pada jengkol tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lalu, apa saja manfaat jengkol?

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jengkol banyak mengandung antioksidan yang sangat berkhasiat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas masuk dan melancarkan peredaran darah. Bagi Anda yang mengonsumsi jengkol sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Mencegah Anemia

Jengkol memiliki banyak kandungan zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah dalam darah. Cocok untuk Anda yang memiliki masalah anemia atau kekurangan darah mengonsumsi jengkol.

Manfaat Jengkol.Manfaat Jengkol. Foto: iStock

3. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang dimiliki jengkol sangat tinggi tentu hal ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, memakan jengkol juga dapat membakar energi tubuh dan mengatasi lemak tubuh.

4. Menstabilkan Organ Vital dalam Tubuh

Organ vital dalam tubuh akan berfungsi dengan baik ketika asam folat dan vitamin B6 dalam jengkol dicerna dengan sempurna. Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi jengkol hanya sesekali saja jangan berlebihan, agar janin yang dalam kandungan tetap berkembang dengan optimal.

Manfaat jengkol bagi tubuh.Manfaat jengkol bagi tubuh. Foto: Istimewa

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Keuntungan lain jengkol adalah memiliki senyawa aktif yang berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan kadar gula dalam darah. sehingga bagi para penderita diabetes aman untuk mengonsumsi jengkol.

Jadi itulah berbagai macam manfaat yang bisa kalian dapatkan setelah mengonsumsi jengkol. Namun, bagi para pecinta makanan yang diolah dari jengkol sebaiknya tidak mengonsumsi jengkol terlalu banyak. Karena jengkol memiliki kandungan asam amino. Asam amino dalam jengkol mengandung racun sehingga untuk orang yang mengonsumsinya terlalu banyak akan mengalami keracunan.

Jadi, sebaiknya untuk bagi Anda para penikmat jengkol agar mengonsumsinya tidak berlebihan agar dapat memberikan kenikmatan dan mendapatkan manfaatnya.





Simak Video "Resep Semur Jengkol"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)