11 Resep Infused Water Sederhana yang Sehat dan Menyegarkan

Virgina Maulita Putri - detikFood Minggu, 01 Des 2019 08:00 WIB
11 Resep Infused Water Sederhana yang Sehat dan Menyegarkan Foto: Istimewa 11 Resep Infused Water Sederhana yang Sehat dan Menyegarkan Foto: Istimewa
Jakarta - Infused water atau detox water beberapa tahun terakhir menjadi populer karena beragam klaim kesehatannya. Minuman menyegarkan ini disebut bisa membantu menurunkan berat badan, mengeluarkan racun dari tubuh, meningkatkan energi dan beragam klaim kesehatan lainnya.

Infused water sendiri dibuat dengan mencampurkan potongan buah dan sayuran yang kadang ditambah dengan rempah-rempah. Karena hanya mengandalkan perasa dari buah dan sayuran tanpa tambahan gula, infused water memiliki kandungan kalori yang kecil.



Ingin mengonsumsi infused water untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah dehidrasi? Berikut 11 resep infused water sederhana yang sehat dan menyegarkan yang dirangkum detikFood:

1. Stroberi dan Lemon

Untuk membuat infused water stroberi dan lemon kalian bisa menggunakan botol atau pitcher berukuran 2 liter. Masukkan 15 buah stroberi segar yang telah dicuci ke dalam botol.

Tambahkan satu buah lemon yang telah diiris-iris dengan kulitnya masih menempel. Isi botol dengan air, aduk perlahan dan diamkan di kulkas selama 4 jam atau semalam. Rasa stroberi yang manis bisa menghilangkan rasa lemon yang sedikit pahit.

2. Timun dan Melon

Cara membuat infused water timun adalah iris tipis satu buah timun dan masukkan ke dalam pitcher. Tambahkan 85 gram melon yang telah diiris kotak-kotak.

Jangan lupa masukkan 10 lembar daun mint yang telah disobek. Tambahkan 1,5 liter, aduk dan simpan infused water di dalam kulkas.

3. Jeruk dan Jahe

Iris satu buah jeruk beserta kulitnya dan masukkan ke dalam botol atau pitcher. Tambahkan 200 gram blackberry dan satu potong jahe yang telah dikupas dan diiris tipis. Masukkan 1,5 liter air dan aduk lalu diamkan di kulkas.

4. Nanas dan Jeruk Nipis

Siapkan 165 gram nanas segar atau beku dan masukkan ke dalam pitcher. Tambahkan 80 gram potongan kelapa segar dan satu buah jeruk nipis yang diiris tipis. Tambahkan 1,5 liter air dan aduk perlahan.

11 Resep Infused Water Sederhana11 Resep Infused Water Sederhana Foto: Istimewa


5. Semangka dan Kiwi

Cara membuat infused water semangka dan kiwi adalah masukkan 150 gram semangka yang sudah diiris kotak-kotak bersama satu buah kiwi yang diiris. Tambahkan satu jeruk nipis yang sudah diiris tipis dan 1,5 liter air. Aduk perlahan dan simpan dalam kulkas.

6. Mangga dan Jahe

Kupas satu buah mangga dan iris kotak-kotak. Masukkan potongan mangga dan 200 gram raspberry ke dalam pitcher. Tambahkan satu buah jahe yang sudah dikupas dan diiris beserta 1,5 liter air. Aduk perlahan dan simpan infused water di dalam kulkas.

7. Apel dan Kayu Manis

Iris dua buah apel dan masukkan ke dalam pitcher. Tambahkan empat batang kayu manis dan masukkan 2 liter air. Diamkan infused water di kulkas selama 2-4 jam agar bahannya bisa bercampur.

8. Anggur dan Jeruk

Resep infused water sederhana lainnya adalah kombinasi anggur dan jeruk. Siapkan dua cangkir anggur dan potong menjadi dua.

Tambahkan satu buah jeruk yang telah diiris dengan kulitnya masih menyatu. Tambahkan 1,5 liter air dan diamkan semalaman di kulkas agar rasanya lebih enak.



9. Ceri dan Jeruk Nipis

Siapkan dua cangkir ceri dan potong menjadi dua. Masukkan potongan ceri ke dalam pitcher bersama satu buah jeruk nipis yang telah diiris tipis. Tambahkan air sesuai keinginan, aduk perlahan dan simpan di kulkas hingga siap diminum.

10. Blueberry dan Jeruk

Iris dua buah jeruk beserta kulitnya. Masukkan irisan jeruk ke dalam pitcher beserta satu cangkir blueberry. Tambahkan air, aduk perlahan dan simpan di kulkas selama 4 jam.

11. Grapefruit dan Mint

Resep infused water sederhana lainnya menggunakan kombinasi grapefruit dan mint. Iris satu buah grapefruit dan masukkan ke dalam pitcher.

Tambahkan 10 lembar daun mint yang telah disobek. Masukkan 1,5 liter air, aduk merata dan diamkan infused water di dalam kulkas selama 4 jam.


Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)