Kanker Getah Bening Ria Irawan Kambuh, Ini 5 Makanan Pencegahnya

Riska Fitria - detikFood Jumat, 15 Nov 2019 19:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Penyakit kanker getah bening yang diderita oleh Ria Irawan kembali kambuh. Beberapa makanan sehat dan enak bisa cegah kanker getah bening.

Kanker getah bening adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Kanker getah bening dapat muncul ketika jumlah sel-sel limfosit atau sel darah putih di kelenjar getah bening menjadi ganas. Hal tersebut membuat kelenjar getah bening menjadi bengkak, seperti yang dialami oleh artis senior Ria Irawan.

Pembengkakan tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Dilansir dari Ecowatch (01/10) berikut 5 makanan yang bisa mencegah penyakit kelenjar getah bening.

1. Makanan Fermentasi
Kanker Getah Bening Ria Irawan Kambuh, Ini 5 Makanan PencegahnyaFoto: iStock

Makanan fermentasi telah terbukti bisa mencegah penyakit kanker getah bening. Itu karena dalam makanan fermentasi mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan usus dan mengatur keseimbangan pH dan menjaga saluran pencernaan.

Kamu bisa mendapatkan asupan probiotik dari makanan fermentasi seperti sauerkraut, kefir, kombucha dan tempe. Selain itu, asam laktat alami dan enzim fermentasi yang diproduksi selama proses fermentasi memiliki efek yang menguntungkan pada metabolisme dan efek yang baik pada penyakit kanker.

2. Anggur
Kanker Getah Bening Ria Irawan Kambuh, Ini 5 Makanan PencegahnyaFoto: iStock

Buah anggur merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan asupan polifenol yang disebut resveratrol. Tidak hanya pada daging buahnya, kandungan tersebut juga bisa didapatkan dari kulit anggur yang memiliki kekuatan antioksidan dan anti-inflamasi,

Pernyataan ini telah dibenarkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di laboratorium AICR. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa resveratrol tersebut dapat menghambat pertumbuhan kanker dan tumor pada kelenjar getah bening, hati, lambung dan payudara.

Baca Juga : Sebelum Sakit, Ria Irawan Terkenal Hobi Kulineran

3. Kunyit
Kanker Getah Bening Ria Irawan Kambuh, Ini 5 Makanan PencegahnyaFoto: iStock

Rempah-rempah seperti kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai pencegah penyakit kanker getah bening. Menurut ahli gizi, hal tersebut telah dibuktikan di India yang mana banyak menggunakan campuran kunyit pada segala jenis makanannya.

Orang India terbukti memiliki presentasi penyakit kelenjar getah bening 10 kali lebih rendah dibandingkan dengan negara lainnya. Dalam kunyit terdapat zat aktif seperti kurkumin yang berperan mengurangi peradangan dan membantu tubuh mendeteksi dan menghancurkan sel-sel yang bermutasi.

4. Sayuran Hijau
Kanker Getah Bening Ria Irawan Kambuh, Ini 5 Makanan PencegahnyaFoto: iStock

Sudah bukan rahasia lagi kalau sayuran hijau merupakan makanan yang memiliki sederet manfaat kesehatan untuk tubuh. Menurut AICR, kandungan karotenoid yang ditemukan dalam sayuran bisa menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Aneka sayuran hijau yang bisa dipilih dan dimasukkan ke dalam menu harian ada seperti bayam, kangkung, kale dan masih banyak lagi. Jenis sayuran hijau tersebut memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan yang ampuh.

5. Kedelai
Kanker Getah Bening Ria Irawan Kambuh, Ini 5 Makanan PencegahnyaFoto: iStock

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kedai sebenarnya tidak meningkatkan kemungkinan terserang penyakit kanker getah bening. Penelitian yang didukung oleh AICR tersebut juga mengatakan bahwa kedelai memiliki kandungan serat yang berkontribusi untuk pencegah kanker.

Namun, para peneliti tetap memperingati pengonsumsian kedelai. Supaya manfaat pencegah pada penyakit kanker getah bening dapat berefek, maka harus menghindari kedelai transgenik dan memilih kedelai organik.

Baca Juga : Lawan Kanker, Ini 9 Buah yang Harus Dikonsumsi (1)

Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)